Berikan Kemudahan bagi Masyarakat, Dishub Pekanbaru Siapkan Bus Feeder di 11 Koridor

Jumat, 17 September 2021 - 11:36:08 WIB

Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, MT didampingi Sekdako HM. Jamil, M.Ag, M.Si , Kadishub Kota Pekanbaru, H. Yuliarso, S.TTP, M.Si Meresmikan Bus Feeder TMP di Koridor 9. di Perkantoran Tenayan Raya, Jumat (17/09/2021).

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--  Dalam rangka mencegah kemacetan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat, Pemerintah  Kota Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan Kota terus bekerja serius. Salah satu ivonasi dan program  yang dilakukan Dishub dengan menyiapkan feeder di era 4.0 ini. Dimana feeder mampu menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan arus lalulintas. Layanan feeder ini untuk menghubungkan pemukiman dengan Halte Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).  Selanjutnya penumpang nantinya bisa memakai satu tiket saat naik bus TMP.  Sehingga layanan ini memberi kemudahan bagi masyarakat yang mengunakan jasa transportasi.

''Alhamdulillah,  hari ini pukul 09.00 WIB, bapak Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, MT Lounching Operasional Bus Feeder untuk Koridor 9  bertempat  di  kantor Wali Kota Pekanbaru Tenayan Raya ,'' ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, H. Yuliarso, S.TTP, M.Si usai upacara Hari Perhubungan Nasional Tahun 2021 sekaligus Lounching Bus Feeder koridor 9, Jumat  (17/9/2021) .Yuliarso menjelaskan dengan Penetapan Pekanbaru sebagai Kota Percontohan Transportasi oleh Departemen Perhubungan melalui SK 111 tahun 2007, sehingga Pekanbaru merupakan salah satu dari 6 Kota yang ditunjuk
sebagai Kota Percontohan di Indonesia di Bidang penyelenggaraan angkutan perkotaan.  

Dimana hal itu ditandai dengan Penanda tanganan MOU antara Walikota Pekanbaru dengan Dirjen Perhubungan Darat  No. 8 tahun 2007 tentang kerjasama perencanaan, pengoperasian Sistem Angkutan Umum Massal berbasis Jalan di Kota Pekanbaru. Penyusunan Detail Engineering Design  penyelenggaraan angkutan umum massal  berbasis jalan yang merupakan desain teknis pengoperasian sistem angkutan umum massal di Kota Pekanbaru.

Sambung Yuliarso, dimana pembangunan infrastruktur halte  telah dilaksanakan pada tahun 2008 dan 2009 yang lalu terdiri dari Bantuan Pemerintah Pusat sebanyak 19 unit dan bantuan dari Pihak III sebanyak 47 unit termasuk yang bersifat permanen dan portable. Lalu ditambah Bantuan Bus oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2009  sebanyak 20 unit untuk  dioperasikan di Kota Pekanbaru.  Dan tanggal  21 Juni 2009 peluncuran pengoperasian SAUM di Kota Pekanbaru dengan biaya operasional  dibiayai oleh Pemerintah Kota  Pekanbaru sampai dengan  saat ini.

Ditambahkan Yuliarso. bahwa angkutan umum massal Kota Pekanbaru yang diluncurkan pertama kali pada bulan Juni tahun 2009 yaitu Trans Metro Pekanbaru. Beroperasi dengan 20 unit bus besar dari bantuan Kementrian Perhubungan RI, Pemerintah  Kota Pekanbaru melayani 2 koridor yaitu Koridor 1 (Perumahan Pandau – Pelita Pantai) dan Koridor 2 (Terminal BRPS – Kulim). Tahun 2014 Pemerintah mengembangkan pengoperasian Trans Metro Pekanbaru (TMP) dengan menambah 7 (tujuh) koridor dengan jumlah armada 75 unit bus besar.

Pada saat ini, telah beroperasi Bus Rapid Transit (BRT) atau Sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) berbasis jalan melayani 15 Koridor yang menjangkau jalur utama dan guna meningkatkan jumlah pengguna / okupansi pengguna angkutan umum massal maka perlu segera didukung dengan pengoperasian Angkutan Feeder / Pengumpan yang melayani Trayek Cabang dan Ranting BRT tersebut dengan tarif terintegrasi dengan BRT. ''Ya sistim angkutan feeder atau dengan inovasi  sistim pengairan yang terhubung  6 unit kendaraan yang di siapkan untuk  11 koridor jemput perumahan menuju ke  Halte Bus, Dan, itu dihitung  hanya 1 tiket terusan,'' terang Yuliarso.

Disampaikan Yuliarso, bahwa bus itu nanti akan masuk ke perumahan dengan durasi 3 jam secara bergantian untuk satu bus, insyaallah masyarakat Kota Pekanbaru akan mendapatkan moda transportasi dengan biaya yang murah dan nyaman. Bahkan Proses rambu- rambunya sudah disiapkan.

''Salah satunya dengan program feeder, integrasi antar moda transportasi umum. Program yang mengadopsi sistim moda transportasi di Jakarta ini,  sudah disosialisasikan kepada Walikota. Bahkan Walikota Pekanbaru
merespon positif,'' ujar Yuliarso. Nantinya  sambung Yuliarso. kendaraan (Bus mini) melingkar yang mengelilingi satu titik di pusatnya, seperti halnya jaring laba-laba di perumahan  Purwodadi, nanti masuk  lagi di area perumahan cipta karya dan perumahan kualu selanjutnya, bus mini akan menuju lokasi satu titik halte yang ada di wilayah cipta karya atau Kualu.

Menurutnya, seluruh armada nantinya akan diintegrasikan khususnya angkutan umum reguler, yaitu bus kecil, bus sedang, dan bus besar. Jadi warga tak perlu repot-repot lagi menunggu di halte yang bepergian ke pasar pusat atau sudirman, nanti akan ada kendaraan menjemput penumpang hingga di rumahnya. ''Sistem pembayaran feeder bertarif hanya di hitung satu terusan. Catatan lain adalah terkait okupansi atau jumlah penumpang. Okupansi bus TMP perlu ditingkatkan dengan mempercepat waktu tunggu di setiap halte, makanya pihaknya membuat inovasi baru dengan Feeder,'' papar Yuliarso.

Dari sisi okupansi mencapai 3 JT/tahun 2018 lalu, dengan tarif  subsidi dari pemerintah. Untuk tahun 2020, mengalami penurunan mencapai 50 persen karena dampak pandemi Covid-19 tentunya sangat draktis karena aturan physical distancing   penumpang  bus regulasi  di isi hanya 50 persen. ''Untuk tarif 3.000 untuk Pelajar atau Mahasiswa, sedangkan untuk umum 4.000, sisanya subsidi pemerintah. Untuk keseluruhan ,pihak dinas perhubungaan merencanakan  ada 11 koridor Bus TMP  yang memiliki angkutan feeder, dengan perkiraan  dana mencapai 3-4 miliar rupiah per tahun,"jelasnya.

''Dinas perhubungan sudah mengusulkan anggaran itu dalam APBD 2021, hanya ada dampak pandemi covid-19. Angkutan feeder ini sebenarnya untuk semakin mengefektifkan fungsi bus trans metro pekanbaru, pemerintah  pengkajian terhadap feder ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, dan ditargetkan tahun 2021  ini bisa terealisasi. Insyaallah pada tahun 2022 mendatang, akan direncanakan 6 rute feeder akan di operasikan yaitu feeder 2,3,7,8,9 dan 11,''  tutur Yuliarso.

Walikota Resmikan Bus Feeder Bus TMP Wilayah Kulim

Sebagai wujud terus berkembangnya angkutan umum massal ini, Walikota Pekanbaru Firdaus bersama Kadishub Yuliarso dan jajaran, meresmikan bus feeder atau transportasi pendukung untuk bus TMP di koridor 9 wilayah Tenayan Raya, Jumat (17/9/2021). Walikota menjelaskan bahwa feeder melayani transportasi masyarakat dari rumah ke halte-halte bus TMP untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.''Kita rencana akan membuka 13 feeder, dengan adanya sarana ini, diharapkan masyarakat bisa mengurangi membawa kendaraan pribadi dan masyarakat dimudahkan naik angkutan umum yang nyaman,'' pungkas Firdaus. (Advertorial)

 Rencana Untuk Trayek Rute Feeder Yaitu:

Trayek Feeder 1 Garuda Sakti- SM. Amin  Rute: jalan Garuda Sakti-Jalan Melati-Jl. Naga Sari- Jl. SM. Amin - PP.

Feeder 2 Jl. HR. Soebrantas - Rumah Potong Rute: Jl. HR. Soebrantas-Jl. Cipta Karya- Rumah Potong- Jl. Purwodadi- Jl. HR. Soebrantas.

Feeder 3 JL. HR. Soebrantas- Suka Karya Rute Jl. HR. Soebrantas- Jl. Swakarya-Jl. SukaKarya - Jl. HR. Soebrantas.

Feeder 4 Jl. Tuanku Tambusai- JL. HR. Soebrantas Via Delima Rute: Jl.Tuanku Tambusai- Jl. Srikandi- Jl. Delima- Jl. Soebrantas - PP.

Feeder 5 S. Hatta- SM. Amin Via Lobak/ Ardat Rute: Jl. Soekarno Hatta- Jl. Lobak/Ardat- Jl. SM. Amin- PP.

Feeder 6 Jl. H. Imam Munandar - Sudirman Via Kelapa Sawit, Rute : Jl. H. Imam Munandar - JL. Kelapa Sawit - JL. Rawa Mangun - Jl. Datuk Setia Maharaja- Jl. Sudirman - PP.
Feeder 7 Jl. H. Imam Munandar- Sudirman Via Bukit Barisan Rute: Jl. H. Imam Munandar- Jl. Bukit Barisan - Jl. Kapau Sari- Jalan Pinang Merah- Jl. Datuk Setia Maharaja -Jl. Sudirman- PP
.
Feeder 8 Jl. Hangtuah- Jl. Tanjung Datuk Via Rusunawa, Rute: Jl. Hangtuah- Simpang BPG- Jl. Sail- Simpang Kuburan- Jl. Karya Bakti- Jl. Karya Bersama- Rusunawa- Jl. Sumber Sari Jl. Tanjung Datuk- PP.

Feeder 9 Jl. H. Imam Munandar- Camat Tenayan Via Bukit Barisan, Rute: Jl. Bukit Barisan- Jl. Singgalang- Simpang Sepakat - Polsek Tenayan- Jl. Hangtuah Ujung (Pasar Tangor)- Jl. Budi Luhur- Kantor Camat Tenayan Raya-
PP.

Feeder 10 Jl. Garuda Sakti- Terminal Senapelan, Rute : Jl. Garuda Sakti- Jl. Air Hitam- Jl. Sigunggung- JL. Soekarno Hatta- Jl. Jenderal- Jl. Melur- Jl. Teratai- Terminal Pasarr Kodim- PP.Feeder 11 Jl. Sembilang-Okura, Rute: Jl.
Sembilang-Jl. Pramuka- Danau Kayangan -Taman Bunga- WDO- Lurah OKORA.