230 Rumah di Kota Malang Terendam Banjir

Kamis, 21 Oktober 2021 - 08:04:09 WIB

Ilustrasi banjir

JATIM--(KIBLATRIAU.COM)-- Sebanyak 230 rumah terendam dan 230 KK terdampak banjir di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Banjir terjadi pada Selasa (19/10) pukul 14.45 WIB.Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, banjir dipicu hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Sejumlah wilayah terdampak banjir yakni Kelurahan Blimbing, Kelurahan Purwantoro, dan Kelurahan Bunulreko, Kecamatan Blimbing.

"Berdasarkan data BPBD Kota Malang menyebutkan kerugian materil sekitar 230 unit rumah terendam banjir, dan sebanyak 230 KK terdampak," katanya, Kamis (21/10).Abdul menyebut, lalu lintas beberapa titik di Kota Malang sempat mengalami kemacetan akibat banjir. Sejumlah kendaraan mogok, sedangkan material lumpur masuk ke tempat usaha dan rumah warga."Kondisi terkini banjir sudah surut," sambungnya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Malang telah melakukan asesmen terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian serta pembersihan material atau sampah sisa banjir.Berdasarkan analisis dari InaRisk, Kota Malang termasuk wilayah dengan risiko banjir kategori sedang hingga tinggi. Sejumlah daerah yang berisiko mencakup Kecamatan Kedung Kandang, Kecamatan Sukun, Kecamatan Klojen, Kecamatan Blimbing, dan Kecamatan Lowokwaru.

Abdul menambahkan, memasuki musim penghujan, masyarakat harus tetap mewaspadai bahaya banjir jika hujan dengan intensitas sangat tinggi terjadi terus menerus selama lebih dari satu jam."Upaya antisipasi seperti optimalisasi dan pembersihan saluran air juga perlu dilakukan dan pemangkasan ranting-ranting pohon yang berpotensi patah saat hujan yang disertai angin kencang," tutupnya.(Net/Hen)