Panglima TNI Harap Pemilu Berjalan Damai

Selasa, 16 April 2019 - 08:36:38 WIB

Marsekal Hadi Tjahjanto. 

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, bersama segenap kepala staf TNI bermunajat memanjatkan doa bersama lintas agama dalam rangka mewujudkan Pemilu 2019 damai. Giat ini diikuti oleh ribuan prajurit dan PNS TNI, baik TNI AD, TNI AL, TNI AU dan sejumlah elemen masyarakat dari umat Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. "Kita memohon doa agar pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 dapat berlangsung dengan aman, damai, lancar, dan sukses," kata Panglima Hadi lewat siaran pers diterima, Senin 15 April 2019, malam. Panglima Hadi mengungkapkan giat ini bertujuan agar umat dari seluruh latar berbeda bisa bersatu dan berdoa bersama. Memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberikan kekuatan kepada TNI untuk menjaga keutuhan NKRI selama pelaksanaan Pemilu tahun 2019. Rangkaian giat doa bersama ini diawali dengan tausiyah yang disampaikan oleh Nasaruddin Umar. Kemudian dilanjutkan doa lintas agama secara bergantian yang dipimpin masing-masing tokoh agama.

Doa agama Islam dipimpin oleh Habib Nabiel Fuad Al Musawa, Protestan oleh Pendeta Manuel E. Raintung, Katolik oleh Romo Yoseph M.M. Bintoro, Hindu oleh Pinandita Wayan Rajin, Budha oleh Bhikku Pabhaharo Tera dan Konghuchu oleh XS. Budi Santoso Tanuwibowo.Panglima TNI menegaskan dalam pelaksanaan Pemilu pihaknya tetap berkomitmen dengan netralitasnya, dan TNI membantu memberikan rasa aman kepada rakyat yang hendak menyalurkan hak pilihnya. "TNI hanyalah bagian dari rakyat, dan rakyat secara luaslah yang sesungguhnya menentukan keberhasilan Pemilu 2019," katanya.

Mengakhiri sambutannya, Hadi Tjahjanto mengingatkan agar semangat persatuan dan kesatuan TNI bersama masyarakat yang hadir pada acara ini, menjadi semangat persatuan dan kesatuan seluruh bangsa Indonesia dimanapun berada. "Semoga Pemilu 2019 dapat menjadi inspirasi dunia internasional, tentang pembangunan politik dan kedewasaan berdemokrasi masyarakat Indonesia. Jayalah NKRI, Jayalah Bangsa Indonesia," tutupnya.Dalam acara doa bersama mengusung tema 'Doa Bersama Dalam Mewujudkan Pemilu Damai' tampak hadir di lokasi, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M. serta sejumlah pejabat tinggi Mabes TNI dan Angkatan.(Net/Hen)