Investor Korsel Bakal Datangkan Mesin Pengolahan Sampah ke Pekanbaru

Selasa, 05 November 2019 - 17:34:57 WIB

HM Noer MBS SH MSI MH

PEKANBARu--(KIBLATRIAU.COM)-- Pihak Sangan E Ltd, perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) menunjukkan keseriusannya untuk berinvestasi di Kota Pekanbaru. Bahkan,  mereka bakal mendatangkan mesin pengolahan sampah menjadi energi listrik dalam tujuh kontainer langsung dari Busan.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Drs HM Noer MBS SH MSi mengatakan, pihaknya menyetujui investasi di bidang pengolahan sampah menjadi energi listrik yang diajukan oleh investor asal Korsel. Selain itu,  calon pengguna energi listrik ini juga sudah diundang.

"Jadi, itu yang dibahas. Mesin itu akan diberangkat dari Busan, Korsel, dengan tujuh peti kemas menuju Dumai,"  ujar M Noer kepada wartawan,  Selasa (5/11/2019).

Dijelaskan M Noer, permasalahannya, bea masuk ke Pelabuhan Dumai, Riau, hampir 7 kali lipat dari pada bea masuk di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Inilah yang menjadi keheranan investor asal Korsel tersebut.

"Makanya, mereka minta pemerintah memfasilitasi. Mereka juga minta bantuan perizinannya di TPA Muara Fajar," jelas M Noer.

Untuk pemasangan mesin pengolahan sampah di TPA Muara Fajar, investor butuh lahan sekitar 1.000 meter persegi. Sebab, mesin itu akan langsung dipasang.

"Kalau kita tidak bersedia, mereka akan membangun di Bali. Kami menyampaikan bersedia dan siap," ucap M Noer.

Namun, teknis pembagian tugas di lapangan perlu dibahas dahulu. Pasalnya, ada biayanya yang besar. "Kita akan coba minta mereka yang menanggulanginya," tutur M Noer. (Lx/Hen)