Pelamar Formasi Disabilitas Masih Kosong

Senin, 02 Desember 2019 - 11:44:17 WIB

HM Noer MBS SH MSI MH

PEKANBARU- (KIBLATRIAU.COM)-- Untuk pendaftaran seleksi CPNS 2019 Pemerintah Kota Pekanbaru sudah berakhir pada 28 November 2019. Sebanyak 19.633 pelamar yang mendaftarkan diri untuk ikut seleksi.

Namun yang terisi hanya formasi umum. Sedangkan formasi disabilitas masih kosong. Ada tujuh formasi disabilitas dalam seleksi CPNS 2019 di Pemerintah Kota.

"Sampai berakhirnya pendaftaran masih kosong, belum ada yang mendaftar," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Drs  Muhammad Noer MBS SH MH MSi, Senin (2/12/2019).

Dijelaskan M Noer, Pemerintah Kota belum memastikan tujuh formasi yang kosong. Mereka berencana bakal membahasnya dalam rapat nasional bersama BKN.

"Nanti kita bahas, apa dialihkan ke umum atau dibiarkan kosong atau seperti apa," sebut M Noer.

Formasi khusus disabilitas hanya tersedia tujuh formasi. Tiga formasi untuk tenaga guru, dua formasi untuk tenaga kesehatan dan dua formasi untuk tenaga teknis. 

Para calon pelamar disabilitas yang mendapat kesempatan adalah kelompok tuna daksa. Mereka wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Surat ini harus menerangkan jenis atau tingkat disabilitasnya dengan sejumlah kriteria. Pelamar mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik. 

Pelamar mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi. Mereka juga mampu bergerak dengan alat bantu. (Nd/Hen)