Dishub Pekanbaru Sudah Pasang 470 Buah Meterisasi Lampu PJU di Tiga Rayon

Jumat, 10 Januari 2020 - 22:20:42 WIB

Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru, T. Ardi Dwisasti, foto bersama dengan kru Kiblatriau.com di ruang kendali, Jumat (10/1/2020)

Laporan Syukri Mustakim dan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

  DINAS Perhubungan (Dishub) Pekanbaru terus berupaya menekan jumlah tagihan listrik penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru. Caranya dengan memasang meterisasi di semua lampu PJU. Bahkan, saat ini Dishub sudah memasang sebanyak  470 buah meteran di tiga rayon. Adapun tiga rayon itu, Barat, Timur dan Rumbai.

 'Ya pemasangan meterisasi sudah kita lakukan di beberapa titik Kota Pekanbaru. Dan saat ini,   470  sudah kita pasang. Semoga dalam waktu dekat ini, 30 buah lagi meterisasi selesai kita pasang,' ungkap Kadishub Pekanbaru Yuliarso SSTP MSi saat  dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru, T. Ardi Dwisasti, Jumat (10/1/2020). 

Dijelaskan Ardi,  dengan adanya pemasangan meterisasi ini, maka pembayaran PJU kepada pihak PLN semakin hemat dan angkanya terus berkurang."Dulunya sebelum pasang meterisasi  jumlah pembayaran PJU di angka Rp12 Miliar. Namun, setelah kita pasang meterisasi dan  lampu hemat energi, maka angkanya bisa menjadi Rp6  Miliar. Ini tentu sangat menghemat pembiayaan PJU kita setiap bulan," ujar Ardi.

Lebih jauh dikatakan Ardi, selain itu pihaknya juga akan berusaha menekan lagi pembayaran PJU ke PLN perbulannya di angka 4,5 Miliar.

"Jadi harapan kita dengan adanya pemasangan meterisasi ini jumlah tagihan pembayaran lampu PJU semakin rendah.  Program meterisasi ini, kerja sama antara PLN dan Pemko Pekanbaru. 

 Dengan meterisasi, arus listrik tidak ada yang hilang dengan percuma karena sudah tercatat dan terukur sesuai pemakaian,"  tutur Ardi.

PJU  Dipantau di Ruang Kendali

Guna memantau dan mempermudah kinerja dalam hal pengawasan lampu PJU , Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru menggunakan Smart System. Ruang kendali sistem digital itu pusatnya berada di kantor Dishub Jalan Soetomo, Pekanbaru.Sehingga titik Penerangan Jalan Umum (PJU) menggunakan Smart System di Kompleks Perkantoran Pemko Pekanbaru di Kecamatan Tenayan Raya sudah bisa dipantau dengan cepat. Sebab semua laporan terkait PJU sudah bisa dimonitor dan dikontrol dari jarak jauh menggunakan perangkat komputer maupun telepon genggam.

"Dengan Smart System kita juga bisa memantau tagihan listrik PJU berikut daya pemakaiannya. Bahkan juga bisa melihat seandainya ada oknum yang mencoba mencuri arus listrik," papar Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Pekanbaru, T. Ardi Dwisasti, Jumat (10/1/2020).

Dijelaskan Ardi, bukan hanya itu, dengan Smart System petugas juga bisa memantau beban berlebih, kebocoran ground tiang dan tegangan berlebih. Bahkan juga bisa mengirimkan pesan ke handphone operator memberitahukan permasalahan yang terjadi.

"Dengan PJU Smart System kita bisa tahu berapa pemakaian energinya. Dan untuk cahaya juga bisa diredupkan melalui hanphone atau perangkat lain yang terhubung," sebut Ardi.***