Ketua Banleg DPRD Riau Sambut Kunjungan Rombongan Bapemperda DPRD DKI Jakarta

Kamis, 12 Maret 2020 - 18:15:43 WIB

Terlihat Anggota Bapemperda DPRD DKI Jakarta berfoto bersama Anggota Banleg DPRD Riau belum lama ini.

Kamis, 12 Maret 2020

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Bertempat di ruang Medium DPRD Riau, Badan Legislatif (Banleg) DPRD Provinsi Riau menyambut kedatangan kunjungan kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi DKI Jakarta, Kamis (12/03/2020). Sementara itu, kehadiran Anggota DPRD DKI Jakarta ini disambut Ketua Banleg DPRD Riau, Ma’mun Solikhin, Markarius Anwar (anggota), Zulfi Mursal (anggota) dan James Pasaribu (perwakilan BK). Sedangkan, Anggota DKI Jakarta yang berjumlah sekitar dua puluhan orang dipimpin Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan dan Ketua BK, Ahmad Nawawi. 

Dalam pertemuan, Ketua Banleg DPRD Riau, Ma’mun Solikhin menyampaikan, untuk masalah Banleg di Riau, tahun lalu juga sedikit ada masalah karena terkait Pilkada yang disibukkan dengan kampanye. Dengan begitu, tahun ini ada 18 Ranperda yang jadi target termasuk perubahan-perubahan. Sementara Bapemperda DKI Jakarta memiliki 26 Ranperda. Mereka optimis menyelesaikannya sampai akhir tahun. “Yang menjadi problem di Riau terkait penganggarannya. Sebab, pencairannya baru bisa kalau pembahasan sudah sampai di tingkat Pansus,” ungkap Ma’mun  
Solikhin.

Kalau untuk proses pembuatannya dijelaskan Ma’mun, bermula dari Komisi kalau Ranperda itu inisiatif dewan, masuk ke pimpinan. Kemudian ke Bapemperda untuk digodok dan diteruskan ke Mendagri. Kmeudian, dilanjut di Pansus melalui pimpinan dan pimpinan lanjutkan ke Banmus untuk diparipurnakan. Perwakilan BK DPRD Riau, James Pasaribu menyebutkan, untuk keberadaan BK di DPRD Riau saat ini masih normal-normal saja. Belum ada yang serius penanganan
kasus anggota dewan. Namun memang masalah kehadiran anggota terutama di paripurna menjadi permasalahan.“Masalah kehadiran anggota ini, kita melakukan koordinasi dengan seluruh Ketua Fraksi yang ada. Terutama dalam meminta anggotanya masing-masing untukmenghadiri setiap agenda paripurna dan kegiatan alat kelengkapan yang lain,” sebut James.

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan. Pertama dalam bersilaturahmi, dan mengetahuiproses dan mekanisme dalam pembuatan Perda yang ada di DPRD Riau, sehingga mencapai target yang diemban. “DKI Jakarta tahun ini ada 26 Ranperda yang jadi target, dengan rincian 23 inisiatif Eksekutif dan 3 inisiatif dari Legislatif. Untuk tahun lalu mencapai masih di bawah target dengan harapan tahun ini lebih baik lagi paling tidak capai 20 Ranperda. Inilah kita minta kiat bagaimana Riau dalam kejar targetnya.Terlebih lagi, dalam mengeluarkan Perda jadi ‘wajah’ dari DPRD,”  ujar Pantas.

Ketua BK DPRD DKI Jakarta, Ahmad Nawawi menyampaikan, jika pihaknya ingin mengetahui keberadaan BK di DPRD Riau. Hal ini, mengingat BK merupakan marwah dari Dewan itu sendiri.''Ruwetnya kode etik yang seharusnya sudah dipahami oleh seluruh anggota dewan. Jadi bagaimana BK DPRD Riau dalam menjalankan fungsingnya terutama pada anggota yang indisipliner,” terang Ahmad. Usai pertemuan itu, sebagai bentuk penghargaan, kedua belah pihak saling bertukar cenderamata.(Hen)

Advertorial DPRD Riau

Kamis, 12 Maret 2020