Mudik Lebaran Tahun Ini

Diprediksi Tak Ada Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Sungai Duku

Joniansyah


PEKANBARU -(KIBLATRIAU.COM)--  Hari raya Idul Fitri 1439 H lebih kurang  dua minggu lalu. 

Kepala UPTD Pelabuhan Sungai Duku, Joniansyah memprediksi tidak akan ada lonjakan yang signifikan pada Pelabuhan Sungai Duku, dalam arus mudik libur lebaran tahun 2018 ini. Hal ini disebabkan karena melihat tren pemudik yang menggunakan kapal kian lama kian menurun.

"Prediksinya tidak akan ada kenaikan yang signifikan. Karena kita lihat semakin lama, orang yang menggunakan kapal semakin menurun," ujar Joniansyah, Senin (3/6).

Joniansyah mengatakan bahwa pihaknya tidak akan menambah jumlah armada kapal pada mudik lebaran tahun 2018 ini.

"Saat ini kapal itu tidak penuh. Bahkan, nanti pada saat mudik tiba, kira-kira 1 minggu sebelum lebaran itu kapal penuh. Jadi tidak akan ada penambahan kapal. Karena kapal yang ada saat ini diperkirakan cukup," ungkap Joniansyah.

Ditambahkan Joniansyah,  saat ini hanya terdapat 5 kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru.

"Yang jelas sekarang ada 3 kapal cepat tujuan Selat Panjang, 1 kapal Jelatik yang juga tujuan Selat Panjang, serta 1 kapal tujuan Siak," sebut Joniansyah.

Hal serupa juga dikatakan Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Sunarko yang juga sedang melakukan pemantauan di Pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru.

 Sunarko mengatakan bahwa pada mudik lebaran tahun ini tidak akan  terjadi lonjakan besar pada angkutan laut.

"Kita lihat saat ini peminat angkutan laut sudah sangat jauh berkurang. Orang lebih memilih menggunakan jalur udara ataupun jalur darat. Jadi diperkirakan memang tidak ada kenaikan yang signifikan untuk di pelabuhan," papar Sunarko. (Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar