Fokus dan Tetap Proaktif

Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Berinovasi di Tengah Pandemi

Sandiaga Uno

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Pengusaha Sandiaga Uno mengungkapkan, pandemi Covid-19 menggerus seluruh lini sektor usaha, termasuk usaha mikro kecil danmenengah (UMKM). Sandiaga mengatakan, bahwa terdapat kiat sukses menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19.''Fokus harus terus inovasi, tidak mungkinrelevan kalau sukses tidak inovasi. Pro aktif, sukses dan prestasi menghampiri orang-orang pro aktif mengejar bola dan menjemput rezeki," ungkap Sandi, Jumat (14/8/2020).''Ketiga, take a risk ambil risiko, tidak ambil risiko lebih berisiko. Mulai dari hari ini mengambil kesempatan peluang lakukan usaha dan yakini miliki niattulus ikhlas. Dengan tadi menjadi sukses," ujar Sandiaga.Menurut dia, menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19 merupakan sebuah tantangan. Satu di antaranya adalah melakukan publikasi produk usaha secara online.

"Online keniscayaan. Tidak bisa dipisahkan dalam pengembangan usaha," kata dia. Dia menambahkan bila tidak cakap melakukan publikasi produk via online, maka dapat dilakukan kerjasama dengan pihak lain.''Mitra sama orang yang sudah Online keniscayaan, tidak bisa dipisahkan dalam pengembangan usaha," beber Sandi."Mitra sama orang yang sudah online. Teman fokus di porduksi online dari kerjasama, era kompetisi sudah menjadi era kolaborasi. Kita gotong royong mengambil pasar mengembangkan usaha," ujarnya.

Sementara itu, CEO Crewdible, Dhana Galindra, mengatakan pihaknya siap membantu pengusaha-pengusaha yang mengalami kesulitan.''Ekonomi susah. Banyak yangrontok di sektor retail. Kami bagian logistik rata-rata naik. Orang banyak kiriman barang melalui logistik keseluruhan naik. Kami banyak banget karena timbalbalik. ecommerce menanjak. Realise menolong orang kena phk dari retail ini," tutur Dhana Galindra."Salah satu kita banyak toko tutup itu kami jadikan gudang. Lantai 2-4 di ruko itu kami jadikan crewdible. Kami harap tidak ada PHK karyawan sementara alihfungsi,'' tuturnya, (Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar