Cegah Penyebaran Covid-19

Polda Riau Sebar 630 Ribu Masker se-Riau secara Serentak

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi saat memberikan masler Kamis (10/9/2020)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Guna mencegah penyebaran covid-19,  Kepolisian Daerah (Polda) Riau bersama Wakil Gubernur Riau, membagikan masker di Mall Giant MTC Panam, Kecamatan Tampan, Kamis (10/9/2020). 

Acara ini dipusatkan di Mall Giant MTC Panam, Kecamatan Tampan, mengingat bahwa Tampan merupakan zona merah di Kota Pekanbaru.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi  mengatakan,  bahwa kegiatan ini dicanangkan dengan nama ''Salam Masker''.

"Ya' kegiatan ini pertama kali dilakukan secara Nasional dan serentak,'' ujar  Agung.

Agung menjelaskan, dalam kegiatan  peduli kesehatan ini, ada sebanyak 630 ribu masker yang dibagikan di 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.

Pihaknya berharap, kegiatan ini bisa mencegah penyebaran virus Covid-19 yang kini tengah melanda sejumlah wilayah di Riau. 

Selain itu, untuk diketahui beberapa hari ini Covid-19 telah mengakibatkan korban jiwa akibat terkonfirmasi positif dari beberapa klaster.

''Kegiatan kita lakukan disini. Sebab, memang KecamatanTampan, saat ini menjadi tempat atau wilayah yang saat ini masuk dalam kondisi zona merah di tengah pandemi Covid-19,'' terang Agung.

Sebut Agung, tujuan menekan penularan di tengah-tengah masyarakat terus bertambah. Pihaknya, berharap dan mengajak seluruh masyarakat Riau, untuk mematuhi aturan-aturan pemerintah yang ada. 

''Yang paling penting dalam mencegah penularan adalah protokol kesehatan. Terutama di luar rumah dengan menggunakan masker dan cuci tangan,'' ajak Agung. 

Selain itu, hal ini juga harus diterapkan dalam melakukan pekerjaan dan menghindari kerumunan. 

''Ini, jadi gerakan kita bersama. Canangkan kegiatan ini sebagai bagian tak terpisahkan bagi masyarakat,'' papar Agung. ''Mari kita canangkan "Salam masker'' sebagai salam kita bersama,'' tambah Agung. 

Selain mencanangkan ''Salam Masker'', dalam kegiatan ini juga turut disosialisasikan tetap fokus, perketat dan disiplin terhadap aturan pemerintah yang ada.

''Semua masyarakat harus mematuhi aturan Wali Kota Pekanbaru dan aturan Gubenur Riau saat ini. Caranya, kita akan memperketat penggunaan masker dan patuhi protokol kesehatan,'' terang  Agung.

''Virus Covid-19 nyata adanya. Walau tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, virus ini mampu mematikan manusia jika terserang,'' urai Agung. 

Untuk mengantisipasi terjangkit Covid-19, Agung menyebutkan, kesadaran harus dibangun sebaik-baiknya bagi seluruh anak-anak bahkan ibu rumah tangga. Untuk disiplin menjalankan segala aturan protokol kesehatan. 

''Bila keluar rumah dan berpergian atau pulang kerja. Langsung mandi, cuci tangan dan baju dapat direndam dalam air bersabun,'' tutur Agung. Turut hadir dalam kegiatan bagi masker tersebut, Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, setta pejabat lainnya.*** (HA)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar