Langkah Konkrit Tangani Covid-19

Gubri Minta Tambah Ruang Isolasi dan ICU

Kadiskes Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Guna memutus mata rantai penyebaran covid-19, Pemerintah Provinsi Riau telah melakukan langkah konkrit. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (21/9/2020) mengatakan, bahwa ada beberapa arahan Gubernur Riau untuk meminta agar ditingkatkan kapasitas ruang ICU dan ruang isolasi di seluruh Riau.

''Sesuai arahan Gubernur, langkah konkrit memutus mata rantai Covid-19, adalah dengan diminta menambah kapasitas ruang isolasi dan ruang ICU,'' ungkap Mimi.

Artinya, sebut Kadiskes, saat ini yang dilakukan Pemprov adalah upaya menambah kebutuhan ruangan tersebut. Selain itu, pihaknya juga saat ini, juga tengah mempersiapkan ketersediaan obat-obatan, alat pelindung diri (APD).

Mimi menambahkan, saat ini pihaknya tengah fokus memanfaatkan bagaimana ketersediaan ruang isolasi mandiri. ''Fokus ini dimaksudkan, agar tidak ada lagi kluster dan transmisi rumah tangga atau keluarga,'' kata Mimi.

Sambung Mimi, karena pihaknya khawatir pasien yang diminta isolasi mandiri. Nantinya, tidak melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

''Ini yang kami khawatirkan, kalau tidak melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Akan ada transmisi keluarga,'' ujar Mimi.

Sedangkan, saat ini sebut Mimi bahwa kasus terkonfirmasi tercatat pada RT 2,5. Dimana, artinya satu orang menularkan kedua orang.

''Ini yang kita khawatirkan. Sebab yang banyak positif baru-baru ini merupakan hasil tracing,'' tutur Mimi. (HA)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar