Hasil Pengumpulan Zakat dari Baznas Riau 300 Juta

Baznas Bengkalis Gelar Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat

Pj Bupati Bengkalis, H Syahrial Abdi menyerahkan pengumpulan zakat dari Baznas Provinsi Riau, secara simbolis kepada 12 kelompok usaha, Rabu, (21/10/2020).

BENGKALIS--(KIBLATRIAU.COM)--- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis menggelar kegiatan pendistribusian dan pendayagunaan Zakat, dari Baznas Provinsi Riau dan Bengkalis, kepada sejumlah penerima, Rabu, (21/10/2020). Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Daerah Bengkalis, ini turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis, H. Syahrial Abdi, Plt Kakan Kemenag, H. Charles, Ketua Baznas Bengkalis, H. Ali Ambar, Kapolres Bengkalis, AKBP Hendra Gunawan, Kepala Baznas Riau di wakili Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Muhammad Erwin, serta tamu undangan lainnya.

''Alhamdulillah, Baznas Provinsi Riau menyalurkan 300 Juta untuk 12 kelompok usaha di Kabupaten Bengkalis. Sedangkan Baznas Bengkalis juga menyalurkan 150 juta untuk membantu mahasiswa, sebagai program 1 keluarga 1 sarjana sebanyak 4 orang dan bantuan biaya pendidikan tugas akhir mahasiswa sebanyak 135 mahasiswa,” ujar Ketua Baznas Bengkalis, H. Ali Ambar ketika memberikan sambutan.

Kemudian, lanjutnya sebagai upaya perkuatan ekonomi masyarakat juga disalurkan hasil zakat yang terkumpul di Baznas Bengkalis, sebesar 113 juta untuk usaha produktif sebanyak 26 UKM. Sehingga total keseluruhan bantuan mencapai 563 juta, yang diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia yang baik di Kabupaten Bengkalis dalam program untuk mahasiswa, dan meningkatnya ekonomi rakyat untuk usaha produktif. “Alhamdulillah, zakat yang terkumpul di Baznas sampai saat ini sudah mencapai Rp 2.282.858.000 dan telah disalurkan sebesar Rp 1.984.201.000, terdiri dari Bidang Pendidikan sebesar 476 juta, Bidang Ekonomi 301 Juta, Bidang Kemanusiaan terhadap Covid-19, 863 juta, Kesehatan 84 juta dan dakwah, 256 juta,” jelas Ali Ambar.

Terkati ini, Pj Bupati Bengkalis mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Baznas Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau, yang terus bergerak mengumpulkan zakat masyarakat dan menyalurkannya kepada yang tepat.''Jika tahun ini target Baznas Bengkalis sudah tercapai dan bahkan lebih, tahun depan kami harapkan target pengumpulan zakat di Baznas dapat ditingkatkan 100 persen dari target tahun ini menjadi 3 milyar,'' harapnya. Kepada penerima, Syahrial Abdi berharap kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai modal usaha dalam menunjang perekonomian dan untuk pendidikan perkuliahan dari program yang dilakukan Baznas Bengkalis.(Rls/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar