Forkofimda Gelar Aksi Bersih Sampah

Sampah Menumpuk, Polda Riau Lakukan Penyelidikan

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terdiri dari Kapolda Riau, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Moch Syech Ismed dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Yulisman, melakukan aksi bersih Jumat (15/12021).

PEKANBARU---(KIBLATRIAU.COM)-- Hingga kini, tumpukan sampah  dikeluhkan masyarakat Kota Pekanbaru beberapa hari ini. Dan ini menjadi perhatian Kepolisian Daerah (Polda) Riau.

Seiring itu, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi SH SIK MSi menegaskan, pihaknya tengah melakukan penyelidikan.

Kegiatan bersih-bersih sampah ini dilakukan di Pasar Bawah, Kecamatan Senapelan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terdiri dari Kapolda Riau, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Moch Syech Ismed dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Yulisman, Jumat (15/12021).

Danrem Wirabima Brigjen TNI Moch Syech Ismed  mengatakan, kegiatan ini adalah peninjauan terhadap menumpuknya sampah di Pekanbaru. Kemudian, turut melakukan kegiatan membersihkan sampah.

''Ini bentuk kepedulian kita dari Forkopimda Riau, terkait menumpuknya sampah di Pekanbaru beberapa hari ini,'' ujar Danrem.

Terkait, tindaklanjutnya. Danrem mempersilahkan menanyakannya arahan Kapolda Riau mengenai sampah hari ini.''Silahkan tanyakan kepada Kapolda,'' sebut Danrem.

Kapolda menyebutkan, terkait penanganan sampah yang menumpuk ini. Pihaknya bersama TNI-Polri selalu siap saat rakyat membutuhkan.

''Ini bentuk kepedulian TNI-Polri, terkait menumpuknya sampah di Pekanbaru beberapa hari ini,'' ungkap Kapolda.

Dalam prosesnya, pihaknya sebut Kapolda, telah melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang saksi, yang terdiri dari masyarakat, ahli lingkungan hingga alhi pidana

Pemeriksaan ini kata Kapolda, untuk menelusuri mengapa sampai saat ini sampah belum terangkut.

''Sesuai dengan amanah dan tugas Kepolisian, kami telah menelusuri mengapa sampai-sampai ini belum terangkut,'' katanya.

Dalam hal perkembangan pemeriksaan, pihaknya sedang mendalami beberapa keterangan, untuk menuntaskan penyebab terjadinya permasalahan ini.

''Penyelidikan ini untuk mengetahui siapa pihak-pihak yang bertanggungjawab atas penumpukan sampah ini,'' tegas Kapolda.

Dengan demikian, pihaknya berharap penyidikan berjalan dengan baik. Klarifikasi juga, sambung Kapolda berjalan dengan baik, untuk mencari siapa yang bertanggungjawab.

''Harapan kami kita semua bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan sampah dengan baik,'' harapnya.

Pada momen sesi foto bersama, Forkopimda Riau, tampak menunjukkan pesan yang ada dibelakang baju petugas DLHK Kota Pekanbaru. Dimana pesannya, meminta masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. (Hd)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar