Berikan Kemudahan yang Cepat Kepada Masyarakat

Aplikasi Secara Online Disediakan Disdukcapil Pekanbaru

Sekretaris Disdukcapil Pekanbaru Dra Hj Seniwati

Laporan Hendri Zainuddin
Pekanbaru

 

    DALAM rangka memberikan pelayanan yang cepat dan mudah kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru sudah menyediakan aplikasi pelayanan secara online. Sementara nama layanan web online itu http://sipenduduk.pekanbaru.go.id. Pelayanan ini isinya tentang pengajuan permohonan layanan tentang kependudukan. Selanjutnya pada program ini ada juga layanan tunggu. Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita saat dikonfirmasi wartawan melalui Sekretaris Dra Hj Seniwati Hais MSi menjelaskan,  bahwa layanan secara online untuk pengurusan ini sudah berlangsung sejak tahun 2020 yang lalu.

'Jadi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan tidak perlu datang lagi ke kantor Disdukcapil. Namun, cukup membuka layanan web yang telah kita sediakan.  Terlebih dalam web online itu semua jenis layanan bisa diakses dengan cepat dan mudah. Terlebih lagi, pada masa pandemi ini, kita berikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan pengurusan layanan adminduk,'' ungkap Seniwati.

Seniwati menambahkan, selain layanan media web ini, pihaknya juga menyediakan pelayanan  melalui Whaasap dengan ditampilkan langsung nomor operatornya. ''Yauntuk pelayanan di WA ini ada beragam macam. Mulai pengaduan layanan serta pengambilan dokumen KTP Elektronik. Jadi , pelayanan ini sangat mudah untuk diakses oleh masyarakat, karena sudah dilakukan melalui secara online,'' ungkap Seniwati. Saat ditanyakan jika layanan online sipenduduk.pekanbaru.go.id ini sering membuat masyarakat kesal lantaran jaringannya lelet dan macet. Dijelaskan Seniwati, bahwa ia tidak menampiknya. Namun, dikatakan Seniwati gangguan jaringan itu disebabkan adanya pengunaan layanan dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga servernya terjadi gangguan. 

''Ya memang ada sesekali terjadi gangguan jaringan untuk melakukan pengunaan layanan melalui online sipenduduk.pekanbaru.go.id. Namun, waktunya tidak lama dan diperkirakan lebih kurang 30 menit. Setelah itu, jaringannya normal kembali. Kita juga harapkan supaya bersabar dalam mengunakan layanan ini,'' harap Seniwati. Lanjut Seniwati, dari data yang diterima bahwa masyarakat yang mengunakan layanan ini setiap hari sebanyak 900 orang. ''Ya ada 900 orang setiap hari mengunakan layanan online sipenduduk.pekanbaru.go.id. Selain itu, jika masyarakat yang kurang mengerti mengunakan aplikasi ini, maka kita menyediakan pemandunya, sehingga memberikan kemudahan untuk pengurusan adminduknya,'' tutur Seniwati.

Pada kesempatan ini, Seniwati menghimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan pengurusan pelayanan tentang kependudukan supaya mengunakan layanan secara online. ''Karena, disitu semua jenis pelayanan bisa diakses dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu berkerumun dan antri dalam melakukan pengurusan,'' sebut Seniwati. Terakhir Seniwati juga mengharapkan jjka masyarakat datang ke kantor Disdukcapil untuk melakukan pengurusan secara manual harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.''Gunakanlah masker, jaga jarak. Selain itu, jangan lupa cuci tangan sebelum masuk. Ini kita lakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di tengah masyarakat,'' tutur Seniwati.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar