Hadiri hari lahir (Harlah) ke-98 NU

Presiden Minta Dukungan Ulama Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Kependidikan.

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta dukungan para ulama dan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) untuk menyukseskan kebijakan vaksinasi massal Covid-19. Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri hari lahir (Harlah) ke-98 NU secara virtual, Sabtu (27/2/2021).''Kami mohon dukungan para ulama dan keluarga besar NU untuk ikut membantu pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional ini. Dan mohon bantuan untuk
memberikan informasi yang akurat kepada umat,'' ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Sabtu. Dia menyadari bahwa pandemi Covid-19 yang melanda 215 negara di dunia telah memberi dampak luar biasa kepada masyarakat Indonesia. Bukan hanya di sektor kesehatan, pandemi juga membawa dampak perekonomian yang mengakibatkan banyak warga kehilangan pekerjaan dan penghasilan.

''Saya tahu selama pandemi ini ada jutaan Nahdliyin yang terdampak. Ada ribuan pesantren dan lembaga pendidikan agama Islam yang juga terdampak,'' katanya. Untuk itu, kata dia, pemerintah berupaya keras untuk meringankan dampak ekonomi yang dirasakan masyarakat akibat pandemi Covid-19. Mulai dari, menggelontorkan sejumlah program bantuan sosial, program padat karya dan kebijakan pemulihan ekonomi nasional lainnya. Bagi kalangan pesantren sendiri, pemerintah memberikan bantuan operasional pendidikan pesantren. Selain itu, bantuan pembelajaran daring, insentif guru pondok pesantren, dan masih terdapat beberapa program lain.

''Sementara itu untuk tahun 2021 ini, pemerintah menambah dukungan infrastruktur, pendampingan, pelatihan, dan pengembangan model bisnis untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren sebagaimana amanat UU Pesantren,'' jelas Jokowi. Kendati begitu, dia mengaku bersyukur bangsa Indonesia dapat tetap tangguh dan bergotong royong, saling membantu tanpa melihat perbedaan di tengah situasi krisis akibat pandemi. Jokowi pun berterima kasih kepada keluarga besar NU yang berperan penting untuk memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Dia mengatakan keluarga besar NU turut membantu pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 di tingkat akar rumput. Jokowi menuturkan kebersamaan dan kolaborasi serupa ini memang dibutuhkan di masa pandemi. ''Saya mengucapkan selamat hari lahir ke-98 Hijriah Nahdlatul Ulama yang jatuh pada tanggal 16 Rajab. Puncak harlah ini akan menjadi wasilah untuk mengukuhkan tali persaudaraan, ukhuwah islamiyah, dan _ukhuwah wathaniyah yang merupakan modal utama ketangguhan bangsa Indonesia,'' ujar Jokowi.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar