Bukit Betabuh Dijarah dari Sumbar

"Saya akan Berkordinasi dengan Polda Sumbar"

Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Efendi SH SIK MSI

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Tim Gabungan Polres Kuansing bersama jajaran TNI dan Polhut menemukan bukti adanya aktivitas ilegal logging di kawasan Bukit Betabuh, Kabupaten Kuansing.

Penampakan adanya illog tersebut, disiarkan dalam video yang beredar dengan judul link https://youtu.be/Uscj6JjkMWA di beberapa group Facebook (FB) masyarakat Kuansing.

Dalam Video itu, tim gabungan melakukan pergerakan diawali konvoi petugas terdiri dari perwira hingga Bintara TNI-Polri menggunakan motor, mengarah ke Bukit Betabuh.
 
Untuk mencapai lokasi, dalam video 16 menit itu, beberapa petugas bahkan sempat terjatuh dari motor, disebabkan kondisi jalan setapak. Sehingga, diputuskan menempuh dengan berjalan kaki.

Saat-saat akan mendekati lokasi. Petugas gabungan menemukan beberapa hasil rambahan hutan yang sudah ditinggal lari pelaku perambah. 

Kasat Shabara Polres Kuansing, AKP Hendra yang ada dalam video itu mengatakan, bahwa pihaknya menemukan jalan besar yang dibuka pelaku perambahan, dengan jalan keluar menuju kawasan Sijunjung-Sumatera Barat. 

''Jalan ini diduga kuat digunakan para pelaku perambahan, untuk mengeluarkan kayu hasil rambahan ke wilayah Sijunjung-Sumbar,'' ujar Hendra, dalam keterangannya di video tersebut.

Menanggapi aksi tim gabungan ini, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, Selasa (2/3/2021) mengatakan,  untuk menghentikan dan menangkap para pelakunya. ia akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Polda Sumbar.

''Saya akan kordinasi dan berkolaborasi dengan Polda Sumbar, untuk menyelesaikan berbagai persoalan lingkungan kita,'' singkat Kapolda.

Untuk diketahui, Bukit Betabuh ini merupakan kawasan Hutan Lindung, dengan luas 900 hektare. Karena  berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat.(Hd)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar