Segera Berkordinasi dengan Forkofimda

Gubri Lantik Chairul Riski sebagai Plt Bupati Inhu

Gubri Drs Syamsuar saat melantik Chairul Riski sebagai Plt Bupati Inhu, Senin (29/3/2021)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--  Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, resmi melantik  Chairul Riski  menjadi Pejabat (Pj), Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Senin (29/3/2021) di  Balai Pelangi Kompleks Gubernuran Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Di hadapan Chairul Riski, Gubernur mengatakan, bahwa pelantikan ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Mendagri tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Inhu Provinsi Riau.

Adapun tugas atau pekerjaan rumah (PR) Chairul Riski selama menjabat nanti, sebut Gubernur, di antaranya mensukseskan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU), dengan berkoordinasi dengan semua pihak.

Koordinasi yang dimaksud Gubernur, Pj Bupati Inhu diminta berkoordinasi dengan baik dengan KPU, Bawaslu, DPRD, serta Forkompinda Inhu yakni termasuk dari TNI-Polri.

''Untuk mensukseskan PSU di Inhu ini kami sangat berharap Pj Bupati melakukan koordinasi dengan Forkompinda Inhu, untuk mencipta PSU yang sukses dalam suasana aman dan kondusif,'' harap Gubernur.

Selain Kabupaten Inhu, PSU, sebut Gubernur, juga dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Rokan Hulu.

Maka, dengan pelaksanaan PSU ini, Gubernur berharap tidak ada lagi permasalahan di kemudian hari. 

Kemudian, apabila proses pemilihan telah dilakukan. Pj Bupati juga diharapkan memproses pengusulan bupati terpilih setelah mendapat keputusan dari Mendagri.

Selain menjalankan roda pemerintahan. Chairul Riski, juga diharapkan tanggap, mengatasi penanggulangan Kebakaran hutan dan lahan. Kemudian, penanggulangan Covid-19.

''Karena masih Pandemi Covid-19, dan Karhutla. berkenaan dengan Ketua Satgas Karhutla. 

Selain ada PR Covid-19, kita juga diingatkan tidak ada kebakaran tahun ini. Kami harap Pj Bupati Inhu dapat bekerjasama dengan semua pihak, sehingga tugas ini bisa dilaksanakan dengan baik,'' ucap Gubernur.

Maka, setelah bertugas, Gubernur berharap Pj Bupati Inhu dapat menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Inhu meski dalam waktu yang singkat.

Mantan Bupati Siak ini menambahkan, dalam waktu dekat ia juga akan melakukan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih tahap dua di Provinsi Riau, yang dilakukan serentak pada 26 April mendatang.

Gubernur menyebutkan, bahwa mereka yang akan dilantik serentak adalah adalah Bupati dan Wakil Bupati Kuansing, Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, Bupati dan Wakil Bupati Rohil, dan Bupati dan Wakil Bupati Siak.

''Untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati tahap kedua di Provinsi Riau dilakukan secara serentak sesuai petunjuk Presiden Joko Widodo,'' ujar Gubernur.

Dalam perkembangannya, jika Akhir Masa Jabatan (AMJ) kepala daerah berakhir sebelum pelantikan,. Seperti biasa Pemprov Riau akan menunjuk sekretaris daerah setempat sebagai pelaksana harian (Plh) bupati.

''Contohnya Bupati Pelalawan pak Harris mengakhiri masa tugasnya pada tanggal 21 April, namun tetap pelaksanaan pelantikan bupati terpilih akan dilaksanakan pada tanggal 26 April,'' papar Gubernur.

Kemudian, untuk pelantikan dua kepala daerah lainnya, yakni Bupati Indragiri Hulu dan Rokan Hulu menunggu Pemungutan Suara Ulang (PSU) sesuai keputusan MK. Sebab Pilkada serentak di dua daerah itu bersengketa.

Chairul Riski mengatakan, sesuai arahan Gubernur. Ia siap menjalankan perintah tersebut, untuk memperlancar roda pemerintahan di Kabupaten Inhu. "Saya akan melakukan arahan dan perintah Gubernur,'' tuturnya. (Hd)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar