Berawal Saling Ejek, Enam Pelaku Diamankan

Antar Warga di Belawan Tawuran Pakai Bom Molotov

Ilustrasi borgol

MEDAN--(KIBLATRIAU.COM)-- Aksi tawuran antar warga pecah di Jalan Jalan Yos Sudarso, Belawan, Medan, Rabu (21/7) dini hari. Enam orang ditangkan dalam peristiwa tersebut. Mereka yang ditangkap yakni MS (17), K (17), RA (17), AP (17), AA (14) dan BWB (31). Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Muhammad R Dayan, mengatakan, bentrokan yang terjadi bukan karena isu SARA yang sempat beredar. Namun karena hal sepele berupa saling ejek yang selama ini biasa terjadi antar warga yang dipisahkan oleh sungai tersebut.

''Atas ejek-ejekan tersebut tersangka BS yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang mengajak teman-temannya warga Yong Panah Hijau untuk patungan merakit bom molotov dan menyerang warga Medan Baru,'' ujar Dayan, Rabu (21/7) malam. Akibat serangan molotov itu, beberapa rumah dan warung milik warga mengalami kerusakan. Lalu, ada juga molotov jatuh di halaman gereja yang terletak di lokasi tersebut. Lalu, warga Maden Lama menyerang balik kelompok BS sampai kembali ke Yong Panah Hijau dan mengajak teman-temannya yang lain hingga bentrokan pun semakin meluas.

''Jadi enam orang yang kami tangkap ini merupakan pelaku penyerangan dan penjarahan ke rumah dan toko milik warga yang rusak akibat bentrokan tersebut. Satu di antaranya sudah dewasa sementara lima lainnya masih di bawah umur,'' ungkap Dayan.

Dayan menjelaskan, bentrokan yang terjadi adalah bentrokan yang sudah direncanakan karena permasalahan sepele ejek-ejekan. Polisi juga mengumpulkan camat, lurah dan kepala lingkungan setempat untuk penyelesaian permasalahan yang terjadi. Polisi juga disiagakan di lokasi untuk mencegah terjadinya bentrokan susulan.''Jadi saya imbau kepada warga untuk tidak mudah terprovokasi dan ikut-ikutan mengingat situasi saat ini sedang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Kita semua harus menghindari kerumunan, sebab dari enam yang kami tahan ternyata satu di antaranya reaktif Covid-19,'' tegas Dayan.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar