Tauladani Kepribadian Nabi Muhammad SAW  dalam Keh

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah, Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Gelar Tabliq Akbar

Ustadz Alnof Dinar LC MA sampaikan ceramah agama Jumat (29/10/2021)

 

Laporan :  Hendri Zainuddin
Pekanbaru

 

  PENGURUS Masjid Nurul Muhsinin  mengelar tabliq akbar dalam rangka peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah, tepatnya 22 Rabiulawal, Jumat (29/10/2021).Dimana acara tabliq akbar ini dilakukan di dalam Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai usai salat isya berjamaah. Namun, usai salat magrib pihak pengurus  menyediakan makan malam bagi warga yang ada di lingkungan RW 06. 

Sementara itu, yang memberikan ceramah agama pada kegiatan tabliq akbar ini ustadz Alnof Dinar LC MA .  Sebelum ceramah agama dimulai pertama-tama melantunkan ayat-ayat suci alquran yang dibacakan oleh anak MDA Nurul Muhsinin.

Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinin H Martony  SM SH  MSi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para jamaah masjid yang telah memenuhi undangan dalam rangka menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah ini. Dimana  antusias para jamaah yang hadir sangat tinggi , baik para bapak-bapak ,ibuk-ibuk remaja maupun anak-anak.

"Saya atas nama pengurus Masjid Nurul Muhsinin ucapkan terima kasih atas kehadiran para jamaah dalam acara maulid nabi ini. Selain itu, saya juga menyampaikan  terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan ini, sehingga berjalan dengan lancar," ujar Martony.

Sementara itu, Ketua RW 06 Ir Yuliyos Kahar menjelaskan bahwa ada beberapa hal pentimg yang disampaikan teruta!a terkait pembangunan menara tower yang saat ini masih dalam pengerjaan. "Dimana pengerjaannya sudah 50 persen. Untuk anggarannya kita juga minta bantuan ke Pemerintah Kota Pekanbaru. Namun, saat ini masih covid -19 sehingga angarannya terbatas. Oleh sebab itu, nanti kita usahakan juga minta bantuan ke Provinsi. Tapi, bagi para jamaah yang ingin berinfak untuk pembangunan menara itu, silahkan saja , karena kita siap untuk menerima bantuan itu," ujar Yuliyos.

Pada kesempatan ini juga Yuliyos menyampaikan bahwa momen memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ini salah satu untuk mengenang dan mencintai serta mentauladani akhlak Nabi Muhammad SAW.

"Peringatan maulid nabi ini dimana rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW. Karena dengan banyak mengingat nabi, maka akan diberikan safaat di yaumil akhir kelak," sebut Yuliyos.

Ustadz Alnof Dinar LC MA dalam tausiahnya menjelaskan bahwa peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini merupakan momen yang sangat penting mengingat baginda Rasulullah dan menunjukkan rasa cinta kita kepada beliau. Sebab, dengan banyak bersalawat dan mengingat nabi maka akan mendapatkan amal kebaikan dari Allah SWT.

"Yang disebut dengan maulid yakni mengingatkan kembali waktu kelahiran  Nabi Muhammad SAW. Karena dalam perjalanan hidupnya Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang sangat mulia. Maka dari itu,  momen maulid ini tentu akan menjadi kita selalu ingat dengan Nabi Muhamad SAW. Dimana Nabi Muhammad juga merupakan tauladan yang baik di segala aspek. Oleh sebab itu, kepribadian beliau bisa dicontoh dalam kehidupan sehari-hari, " ujar Alnof.

Sambung Alnof, kehadiran Nabi Muhammad SAW  di muka bumi ini sangat banyak memberikan keuntungan bagi seluruh umat Islam di dunia ini. Hal itu karena Nabi Muhammad  SAW memiliki suri tauladan yang paling baik dan menjadi contoh bagi semua umat Islam di dunia ini. Terlebih lagi, budi pekerti , prilaku dan akhlaknya pantas ditiru.

''Jadi Nabi Muhammad SAW ini memberikan contoh yang mulia. Mulai dari perkataannya, perbuatannya yang adil dan bijaksana, maka semua yang ada pada diri Nabi Muhammad SAW ini harus dijadikan tauladan bagi semua umat Islam. Terlebih lagi cara memimpinnya sangat baik dan terpuji," sebut Alnof.

Diterangkan Alnof diutusnya Nabi Muhammad  SAW ke muka bumi ini membawa berkah dan kesejukan bagi semua umat yang ada di alam semesta ini."Dengan momen peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini diharapkan kepada kita semua (umat Islam) menjadikan Nabi Muhammad contoh dalam kehidupan sehari-sehari. Karena di dalam dirinya (nabi red) mempunyai sifat yang mulia, prilaku yang baik. Sehingga semua yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ini adalah menjalankan perintah dari Allah SWT. Dengan begitu, umat Islam akan mendapatkan pahala dan amal, sehingga selamat dunia dan di akhirat," ungkap Alnof.

Ditambahkan Alnof, dalam kesempatan ini ia mengharapkan kepada seluruh umat Islam agar bersatu padu dalam menjalankan perintah dari Allah SWT, sehingga apa permasalahan yang dialami umat Islam bisa diatasi dengan baik.

"Makanya tiru dan contoh cara kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan, sehingga tidak akan tersesat. Karena ia juga  merupakan petunjuk dan sebagai cahaya dalam kehidupan di dunia ini. Oleh sebab itu ia memiliki akhlak yang sangat luar biasa. Selain itu pertebal iman dan akhlak, sehingga kedepan tidak terjerumus dengan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT dan mendapatkan keberkahan," tutur Alnof.Dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini pihak penyelengara tetap menerapkan protokol kesehatan  dalam rangka memutus penyebaran covid-19 di tengah masyarakat.***

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar