Kajian Rutin di Masjid Nurul Muhsinin

Banyak Keuntungan Salat Berjamaah, Ini Penjelasan Ustadz Sondra Alhafid

Ustadz Sondra Alhafid saat menyampaikan tausiah di Masjid Nurul Muhsinin, Jumat (3/12/2021)

Laporan : Hendri Zainuddin

Pekanbaru
 

    KAJIAN rutin yang dilaksanakan pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang beralamatkan di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Narat, Kecamatan Marpoyan Damai pada Jumat  (3/12/2021) berjalan khidmad. Sedangkan  ustadz yang menyampaikan tausiah usai salat magrib berjamaah ini yakni ustadz  M Sondra Alhafid MH.Dalam ceramah ini ustadz Sondra membahas tentang keuntungan melaksanakan salat berjamaah. Sebelum menyampaikan tausiah, ustadz Sondra  pertama-tama ia mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada hambanya yaitu nikmat iman dan islam. 

Selain itu, Allah SWT juga telah memberikan kesehatan, keselamatan, keberkahan serta umur yang panjang ,sehingga para jamaah bisa bersama-sama berkumpul di Masjid Nurul Muhsinin untuk melaksanakan semua perintah dari Allah SWT. 

Selanjutnya ustadz Sondra juga mengucapkan salam kepada Nabi  Muhammad SAW.Karena dengan banyak mengucapkan salam dan bersalawat atas nama Nabi Muhamamd SAW maka di yaumil akhir kelak mendapatkan safaat dari Nabi Muhammad SAW dan akan diakui oleh Nabi Muhammad SAW sebagai umatnya. Dijelaskan Sondra dalam mengarungi kehidupan di atas dunia ini setiap manusi diminta supaya selalu melakukan amal kebaikan, sehingga mendapat pahala dari Allah SWT.Salah satunya mengerjakan ibadah dengan salat berjamaah. Dipaparkan Sondra, bahwa banyak sekali keuntungan bagi manusia (hamba red) yang selalu melsksanakan salat dengan berjamaah.

"Memang melaksanakan salat berjamaah begitu berat dan sulit. Terutama bagi manusia yang selalu lalai dan anggap sepele dengan melaksanakan salat berjamah. Padahal jika kita tahu, sangat banyak manfaatnya salat berjamaah. Bila salat ada subuh hari, maka pahalanya sama dengan melaksanakan umroh. Selain itu, tentunya akan mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Tak hanya itu, maka setiap manusia yang taat dan patuh kepada Allah SWT,maka kehidupan dan rezekinya dijamin oleh Allah SWT," ujar Sondra.Sambung Sondra, selain itu keuntungan melaksanakan salat berjamaah juga maka jika berdoa dan berzikir maka akan diamini oleh malaikat."Inilah ganjaran dan manfaat bagi manusia yang rutin mengerjakan salat berjamaah di masjid. Karena sangat mulia disisi Allah SWT.Dimana Allah SWT akan membanggakan nama hambanya yang selalu salat berjamaah di hadapan malaikat.

Oleh sebab itu, tamankan dari lubuk hati yang paling dalam supaya tetap istiqomah dalam menjalani perintah dari Allah SWT dan menjauhi larangannya. Dengan begitu, amal kebaikan yang dilakukan tentu akan mendapat amal pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT," tutur Sondra.

Pada kesempatan ini Sondra juga menghimbau kepada para jamaah yang hadir supaya melaksanakan salat berjamaah ke masjid dan mengerjakan amalan yang sunah. " Karena banyak sekali perkara yang sunnah ditinggalkan dan dianggap tak penting.Padahal kata Nabi Muhammad SAW kerjakan juga perkara amalan yang sunnah , sebab bisa menambah amalan yang wajib. Salah satu diantaranya mengerjakan salat duha, tahajud baca alquran. Dengan begitu, amalan sunnah yang dikerjakan tentu akan mendapat balasan amal kebaikan dari Allah SWT," ujar Sondra.

Lanjut Sondra, bagi setiap manusia atau hamba ada juga tidak diberikan keimanan dan hidayah oleh Allah SWT. Dimana maaih banyak manusia yang lalai akan hingat bingar kehidupan dunia yang menipu, sehingga lupa untuk melaksanakan kewajiban salat. Bahkan, tak jarang pula mereka tidak salat subuh.

*Maka dari itu, awalilah kehidupan demgan pagi harinya untuk salat subuh dan datang salat berjamah di masjid. Karena Allah SWT sangat bangga dan senang melihat hambanya datang ke masjid. Dimana masjid adalah tempat yang paling mulia dan disukai oleh Allah SWT. JIka Allah SWT senang atas hambanya yang selalu melakukan keataatan dan kepatuhan, tentu akan dibalas oleh Allah SWT,"  ungkap Sondra.

Sondra menambahkan, maka dari itu iman sangat penting dalam diri manusia. "Dimana iman merupakan suatu pondasi bagi umat islam. Oleh sebab itu, semua perintah yang disuruh dan dlarang oleh Allah SWT akan mudah dilaksanakan jika memiliki iman. Seperti  kita yang datang ke masjid ini untuk mengerjakan semua perintah Allah SWT yakni salat dan zikir. Usai itu, duduk bersama untuk mendengar majelis ilmu. Jika tidak kuat iman, maka akan berat datang ke masjid.

Terlebih lagi pada subuh hari, karena ujiannya sangat banyak. Makanya Alllah SWT akan memberikan keberkahan bagi orang yang memiliki iman. Selain itu, orang yang kuat imannya selalu melaksanakan amal ibadah hanya mencari ketataan dan keridhoan Allah SWT," terang Sondra.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar