Hadapi Kamboja pada 9 Desember 2021

Timnas Indonesia Bisa Juarai Piala AFF 2020, Ini Cara yang Dilakukan Shin Tae-yong

Timnas Indonesia

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Piala AFF 2020 akan digelar dalam hitungan hari yakni mulai 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Ajang ini menjadi yang dinanti-nanti oleh Timnas Indonesia dan tim peserta lainnya.Piala AFF 2020 menjadi edisi tunda yang seharusnya digelar tahun lalu. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda dunia membuat turnamen elite Asia Tenggara itu diundur setahun.Piala AFF 2020 juga menjadi yang pertama buat pelatih Shin Tae-yong. Turnamen ini jadi tolok ukur kesuksesan Shin Tae-yong bila bisa memberikan gelar. Maklum, skuat Merah Putih sudah lima kali dibuat penasaran karena kalah di final Piala AFF.

"Ini partisipasi pertama saya dalam turnamen ini. Suatu kehormatan untuk saya bisa berada dalam turnamen dengan gairah yang luar biasa," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pembuka turnamen, Sabtu (4/12/2021). "Saya senang bertemu dengan teman-teman baru dari negara-negara ASEAN dengan semangat fair play. Saya sangat menantikan turnamen ini," ucap Shin Tae-yong.Persiapan Timnas Indonesia menuju Piala AFF 2020 cukup panjang yakni selama sebulan lebih menggelar pemusatan latihan di Turki. Lantas, cara apa saja yang dilakukan Shin Tae-yong untuk bisa memberikan gelar perdana buat Timnas Indonesia.

Ubah Mindset

Shin Tae-yong memang tak sesumbar terkait target juara yang diusung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Namun, pola pikir selayaknya juara ternyata sudah ditanamkannya pada pemain.Shin Tae-yong menggembleng mental pemain agar sudah berpikir sebagai calon juara. Dengan itu, Shin Tae-yong yakin para pemain akan bermain habis-habisan pada setiap pertandingan."Soal Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF, itu belum dapat dipastikan. Namun, Timnas Indonesia akan bekerja keras dalam setiap pertandingan dengan berpikir kami adalah calon juara," ucap Shin Tae-yong.

Menuntut Lebih

Shin Tae-yong tak pernah merasa puas dengan penampilan Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu selalu menuntut lebih dari pemain meskipun sudah meraih kemenangan.Sikap ini sudah ditanamkan Shin Tae-yong sejak awal menukangi Timnas Garuda. Para pemain akhirnya terbiasa dengan sikap tidak cepat puas dan selalu memotivasi diri untuk memberikan yang terbaik di lapangan. "Saya senang dan puas dengan hasil kemenangan telak. Namun, secara permainan masih kurang. Kami juga punya catatan evaluasi untuk para pemain. Kami harus memperbaiki mental dan menjaga semangat mereka," ucap
Shin Tae-yong usai kemenangan 4-0 atas Antalyaspor.

Perbaiki Hal Dasar

Shin Tae-yong tak ragu membenahi hal-hal dasar pada sepak bola yang masih terlihat di Timnas Indonesia. Situasi itu diyakini Shin Tae-yong bisa memperbaiki masalah di Timnas Indonesia.Contohnya adalah pembenahan passing yang dilakukan Shin Tae-yong pada pemusatan latihan di Turki lalu. Shin Tae-yong yakin, kemampuan pemain Timnas bakal meningkat bila mampu membenahi masalah dasar."Pemain akan terus saya ingatkan untuk tidak boleh membuat kesalahan-kesalahan elementer. Kami melakukan banyak latihan untuk mengurangi kesalahan passing. Jadi, saya ingin bicara kepada para pemain agar lebih fokus untuk mengurangi pass missed," tuturShin Tae-yong.


Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020


Jadwal timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dimulai dengan menghadapi Kamboja. Pertandingan timnas Indonesia vs Kamboja dijadwalkan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, pada Kamis (9/12/2021). Bagi Kamboja, duel melawan timnas Indonesia menjadi pertandingan kedua mereka di Piala AFF 2020. Timnas Kamboja akan terlebih dahulu menghadapi Malaysia pada laga pertama Grup B Piala AFF 2020, Senin (6/12/2021). Sebelum tiba di Singapura pada Kamis (3/12/2021), timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di Turki selama kurang lebih tiga pekan sejak 13 November 2021.

Hasilnya, timnas Indonesia sukses meraih dua kemenangan dengan mengalahkan Myanmar (4-1) dan Antalyaspor (4-0). Pada laga melawan Aghanistan, timnas Indonesia terpaksa menyerah 0-1 setelah kebobolan di menit-menit akhir pertandingan. Adapun total pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF 2020 berjumlah 30 orang. Shin Tae-yong tercatat memanggil tujuh pemain yang kini sedang berkarier di luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica/Slovakia), Elkan Baggott (Ipswich Town/Inggris), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta’Zim/Malaysia), Ryuji Utomo (Penang FC/Malaysia), dan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk/Polandia). 

Tujuh nama di atas nantinya akan bahu-membahu dengan 23 pemain terbaik Liga 1 pilihan Shin Tae-yong. Timnas Indonesia wajib langsung tancap gas pada laga melawan Kamboja jika ingin lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Sebab, jadwal timnas Indonesia di Piala AFF 2020 terbilang sangat berat. Pesaing timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020 adalah Laos, juara bertahan Vietnam, dan negara tetangga sekaligus rival abadi, Malaysia. Setelah menghadapi Kamboja, timnas Indonesia secara berurutan dijadwalkan melawa Laos, Vietnam, dan Malaysia. Jadwal timnas Indonesia kali ini sangat identik dengan Malaysia. Harimau Malaya, julukan Malaysia, juga dijadwalkan menghadapi Kamboja terlebih dahulu, kemudian Laos, Vietnam, dan Indonesia. 

Bukan tidak mungkin laga melawan Malaysia nanti akan menjadi penentu nasib timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2020. Demi memperbesar peluang lolos ke semifinal Piala AFF 2020, timnas Indonesia wajib memaksimalkan laga melawan Kamboja dan Laos. Jika terpeleset pada laga melawan Kamboja dan Laos, timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi jalan terjal untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Seluruh pertandingan Piala AFF 2020 akan berlangsung di Singapura. Pandemi virus corona membuat Piala AFF 2020 tidak bisa digelar di berbagai negara Asia Tenggara seperti edisi-edisi sebelumnya. Meski terpusat di Singapura, format kompetisi Piala AFF 2020 tidak mengalami perubahan. 

Fase grup Piala AFF 2020 tetap menggunakan format setengah kompetisi atau round-robin, yakni setiap negara peserta saling bertemu satu kali. Adapun semifinal dan final Piala AFF 2020 juga tetap menggunakan format lama, yakni dua pertandingan. 

Berikut adalah jadwal lengkap pertandingan timnas Indonesia di Piala AFF 2020: Kamis (9/12/2021) pukul 19:30 WIB - Indonesia vs Kamboja  Ahad  (12/12/2021) pukul 16:30 WIB - Laos vs Indonesia  Rabu (15/12/2021) pukul 19:30 WIB - Indonesia vs Vietnam  Minggu (19/12/2021) pukul 19:30 WIB - Indonesia Vs Malaysia Jadwal Semifinal dan Final Piala AFF 2020:  Semifinal leg pertama: 22-23 Desember 2021  Semifinal leg kedua: 26 Desember 2021  Final leg pertama: 29 Desember 2021  Final leg kedua: 1 Januari 2022. (Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar