Fakta Menarik Berakhirnya Piala AFF 2020

4 Pemain Sebagai Pencetak Gol Terbanyak Turnamen

Aksi Irvan Jaya di piala AFF 2020

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Perhelatan Piala AFF 2020 sudah berakhir setelah berhasil menobatkan Thailand sebagai juaranya. Di laga final yang berlangsung dua leg, tim asuhan Alexandre Polking itu menang dengan agregat 6-2. Pada pertemuan kedua, Thailand dan Timnas Indonesia harus puas berbagi angka 2-2 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. Adapun pada leg pertama dimenangkan Thailand dengan skor 4-0.

Setelah trofi Piala AFF 2020 berhasil dibawa pulang Thailand, terdapat fakta unik dalam gelaran turnamen ini. Yaitu terdapat empat pemain sama-sama menjadi topscorer alias pencetak gol terbanyak turnamen dengan torehan empat gol.Mereka adalah penyerang Filipina, Bienvenido Marañon. Kemudian ada winger Malaysia, Safawi Rasid. Juga ada dua pemain Thailand yakni Teerasil Dangda dan Chanathip Songkrasin.Ke empatnya sama-sama mencetak empat gol. Meski Maranon dan Rasid punya jumlah pertandingan yang lebih sedikit yakni empat pertandingan saja.Sementara itu, Chanathip menjalani enam laga. Lalu, Teerasil Dangda punya catatan tujuh penampilan di ajang Piala AFF 2020.

 
Teerasil Dangda jadi salah satu penyerang yang paling menarik perhatian di Piala AFF 2020. Penyerang 33 tahun itu menunjukkan dirinya masih layak disegani di kawasan Asia Tenggara. Hal itu dibuktikan Dangda dengan empat gol yang dicetak di Piala AFF 2020. Empat gol itu juga membuatnya memegang rekor sebagai top skorer sepanjang masa Piala AFF. Empat gol itu membuat Dangda kini punya catatan 19 gol di ajang Piala AFF. Ia melewati rekor legenda Singapura, Noh Alam Shah yang sudah bertahan belasan tahun.

Di kubu Indonesia, nama Irfan Jaya mencuat sebagai pencetak gol terbanyak tim. Eks winger PSS Sleman itu mencetak tiga gol di sepanjang gelaran Piala AFF 2020. Menariknya, distribusi gol Indonesia di Piala AFF 2020 cukup merata. Ada enam pemain yang punya catatan dua gol. Mereka adalah Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, Ezra Walian, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, dan Witan Sulaeman.

Sementara itu Asnawi Mangkualam Bahar, Elkan Baggott, Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya sama-sama memiliki catatan satu gol. Ricky baru mencetak gol pertamanya di Piala AFF 2020 di leg kedua final saat melawan Thailand.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar