Wawako Lounching Program Pelita Pendidikan Tanoto

Tingkatkan Mutu Pendidikan di Pekanbaru

Ayat Cahyadi SSI foto bersama

PEKANBARU-(KIBLATRIAU. COM) -- Wakil Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi resmi melaunching program pelita pendidikan Tanoto Foundation di aula kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru, Senin (20/8/2018).

Launching program pelita pendidikan ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan sosialisasi program pelita pendidikan yang diikutinya sebanyak 32 Fasilitator Daerah (Fasda) yang akan melaksanakan program ini.

Dalam sambutannya Ayat Cahyadi  sangat menyambut baik atas program Tanoto Foundation ini.  Terutama dalam rangka mewujudkan Pekanbaru Smart City Madani yang salah mana salah satu misinya untuk meningkatkan kualitas SDM yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

Program ini diharapkan dapat menjadi salah satu pemicu untuk akselerasi pendidikan di Kota Pekanbaru kedepannya

"Ini dalam rangka mendiseminasikan program pendidikan kepada masyarakat yang mana penandatanganan perjanjian yang telah dilaksanakan kemarin sangat selaras dengan arah pembangunan kota. 

Tujuan program ini adalah untuk mendukung program nasional dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar," ujar Ayat

Sementara, Direktur program pendidikan Tanoto Foundation Stuart Weston dalam sosialisasi tersebut menjelaskan, dalam menjalankan program ini pihaknya akan menggunakan pendekatan sekolah secara menyeluruh.

Yaitu dengan melibatkan semua unsur pihak sekolah seperti guru, Kepala Sekolah (Kepsek), masyarakat, siswa serta mengembangkan praktik-praktik pendidikan yang baik dalam pembelajaran yang tentunya searah dengan program Kementerian Pendidikan yang mengembangkan Kurikulum 13 (K13).

"Kita memberikan bantuan berupa teknis pelatihan dan pendampingan untuk guru, kepsek, komite sekolah dan pengawas. Dan, untuk Fasdanya kita udah tetapkan sebanyak 32 orang. 

Jadi mereka yang tergabung dalam Fasda ini akan menjalankan program pelita pendidikan di 24 sekolah jenjang pendidikan dasar. Antara lain SD 12, MI 4, SMP 6 dan MTs 2 sekolah," terang Ayat. 

Pria berdarah Inggris ini juga mengatakan sebayak 32 Fasda tersebut selanjutnya akan menjalani Training of Trainer (TOT) pada 26-30 Agustus mendatang, yang secara keseluruhannya akan dilaksanakan di tingkat provinsi dari 4 Kabupaten/Kota yang mengikutinya, yakni Pekanbaru, Siak. Dumai dan Bengkalis.

"Semoga ini dapat membantu pemerintah Pekanbaru dalam peningkatan mutu pendidikan dasar. yang mana hal tersebut sudah menjadi program kami di Tanoto Foundation," harapnya.

Di tempat yang sama, salah seorang Fasilitator Daerah yang merupakan tenaga pengajar di Sekolah Dasar Negeri 25 Pekanbaru Tri Endang Heni mengungkapkan terimakasihnya atas dedikasi yang berikan pihak Tanoto Foundation kepada sejumlah tenaga pengajar, khususnya yang menjadi Fasda dalam program ini.

"Kami sangat berterimakasih kepada Tanoto Foundation karena telah memberikan kami motivasi untuk melakukan Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan metode yang lebih baik. 

Semoga saja ilmu yang kami dapatkan dari program ini dapat juga ditularkan untuk mengembangkan bakat-bakat tenaga pengajar lainny.  Terutama sekolah-sekolah yang berada dalam satu gugus demi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah, " tutupnya.  (Kur)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar