Berikan Tausiah Rutin di Masjid Nurul Muhsinin

Bagaimana Berakrab-akrab dengan Allah SWT, Inilah Penjelasan dari Ustadz Zulkarnain Umar

Ustadz DR Zulkarnain Umar LC MSi saat sampaikan tausiah subuh di Masjid Nurul Muhsinin, Ahad (9/1/2022)

Laporan:  Hendri Zainuddin

Pekanbaru


       SETIAP usai salat subuh berjamaah, pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai melaksanakan tausiah rutin. Untuk Ahad (9/1/2022) subuh kali ini ustadz yang menyampaikan tausiah yakni ustadz DR Zulkarnain Umar LC MSi. Sebelum memberikan tausiah subuh, pertama-tama ia ustadz Zulkarnain mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan, keselamatan dan kesehatan, sehingga bisa bersama-sama berkumpul di Masjid Nurul Muhsinin ini.

Selain itu, ustadz Zulkarnaian Umar juga tak lupa menyampaikan salam kepada Nabi Muhammad SAW, karena dengan banyak bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW tentu akan mendapatkan safaatnya di yaumil akhir kelak. Dalam tausiah subuh itu, jamaah yang hadir mendengar secara khidmat  penjelasan yang disampaikan ustadz Zulkarnain Umar. 


Dalam kajiannya subuh kali ini ustadz Zulkarnain Umar membahas bagaimana supaya  berakrab-akrab dengan Allah SWT. Karena, jika selalu akrab kepada Allah SWT , maka seorang hamba akan selalu dekat dan dicintai oleh Allah SWT. Dijelaskan Zulkarnain, ada empat cara atau trik supaya seorang hamba akrab dengan Allah SWT. Seperti pertama seorang hamba akrab dengan  Allah SWT harus mengenal Allah SWT. karena ini syarat yang paling penting dalam diri seorang hamba (setiap manusia red). Dimana Zulkarnain juga mencontohkan jika seorang yang dekat dengan kepala daerah seperti Gubri, maka ia tentu sangat mengenal lebih dekat dengan pak Gubri tersebut.''Jadi, kita harus mengenal dulu Allah SWT. Dimana Allah SWT ini, yang menciptakan alam semesta, yang mengatur semua kehidupan di dunia ini. Oleh sebab, itu, jika sudah mengenal Allah SWT, tentu kita akan selalu dekat dan ingat sama Allah SWT. Dengan begitu, kita akan lebih akrab dengan Allah SWT. Karena hukum akrab kepada Allah SWT adalah wajib,'' ujar Zulkarnain.

Zulkarnain Umar menerangkan, untuk lebih akrab dengan Allah SWT cara yang kedua yaitu, semua perintah yang telah ditetapkan oleh Allah SWT selalu dilaksanakan. Karena, jika perintah Allah SWT dikerjakan dengan
perbuatan yang baik, tentu setiap hamba merasa diawasi oleh Allah SWT setiap saat.''Laksanakanlah perintah yang ditetapkan Allah SWT. Dengan begtitu, Allah SWT senantiasa akan ingat dan selalu memperhatikan hambanya yang berbuat baik, sehingga akan mendapatkan balasan amal kebaikan yang dijanjikan Allah SWT. Dengan begitu, kita akan lebih akrab dan tidak ada jarak dengan Allah SWT,'' terang Zulkarnain.

Ditambahkan Zulkaranain, selanjutnya untuk lebih akrab dengan Allah SWT cara yang ketiga yaitu selalu meninggalkan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Seperti melakukan maksiat, perbuatan riba, berzina dan perbuatan yang melangar aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.''Tinggalkan semua perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Sehingga Allah SWT akan senang dan mengingat hambanya. Dengan begitu, Allah SWT akan memberikan balasan amal kebaikan dan hubungan dengan hambanya semakin dekat dan lebih akrab,'' ujar Zulkarnain.


Sambung Zulkarnain, untuk lebih akrab dengan Allah SWT  cara yang terakhir yang harus dilakukan oleh seorang hamba yaitu harus memiliki rasa selalu rindu kepada Allah SWT. ''Jika kita sudah punya rasa, maka kita selalu akan rindu kepada Allah SWT. Sehingga apapun perbuatan yang kita lakukan diatas dunia ini, kita selalu ingat dan seolah dalam pengawasan oleh Allah SWT. Dengan begitu, pikiran kita hanya ingat kepada Allah SWT, sehingga kita akan akrab kepada Allah SWT. Begitu juga sebaliknya, Allah SWT tidak tidur dan tentunya mengetahui  setiap hambanya yang selalu melakukan amal kebaikan, sehingga Allah SWT akan membalas semua perbuatan yang telah dilakukannya,'' tutur Zulkarnain.

Lanjut Zulkarnain, jika dekat dan berakarab-akrab dengan Allah SWT, maka Allah SWT tentu akan cinta dan suka terhadap hambanya. "Karena, ridho ini merupakan hal yang sangat besar dan tiada taranya. Oleh sebab itum perbanyaklah amal kebaikan dan meninggalkan semua perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT di atas dunia ini. Sebab, dunia ini sangat menipu jika kita tidak bisa meredamnya serta tidak mempertuturkan hawa nafsu. Mudah-mudahan jika Allah SWT ridho kepada hambanya tentulah akan mendapatkan keberkahan dan dimasukkan kedalam surga nantinya,'' sebut Zulkarnain Umar. ***


 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar