Cegah Omicron  

Pemerintah Siapkan Isolasi Terpusat di Pelabuhan

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah berencana membuat lokasi isolasi terpusat di pelabuhan untuk mencegah terus masuknya kasus Omicron ke Tanah Air. Langkah ini dilakukan karena varian baru Covid-19 ini kebanyakan dibawa pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN)."Omicron ini kan kebanyakan dari PPLN atau pendatang dari luar negeri. Oleh karena itu, pemerintah membuat isolasi terpusat di pelabuhan khusus di Jawa, Batam, Kalbar, Kaltim dan nanti yang melalui Juanda (Surabaya)," beber Airlangga pada peringatan HUT ke-62 Ormas MKGR di Hotel Claro Makassar, Ahad (16/1) malam.

Saat ini kasus Omicron di Indonesia terus bertambah, khususnya di Jakarta dan Batam. Pemerintah bahkan memprediksi pertengahan Februari-Maret 2022 akan menjadi puncak penyebarannya.Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengakui tingkat fatalitas Omicron lebih rendah 0,4 kali dari varian Delta. Meski demikian, penularan Omicron 4-5 kali lebih cepat dibandingkan Delta.

"Kuncinya adalah menggunakan masker, prokes, dan vaksinasi," imbaunya.Airlangga menambahkan, penyebaran Omicron di luar Pulau Jawa dan Bali masih relatif terkendali. Wilayah luar Pulau Jawa dan Bali hanya menyumbang 38 persen dari penyebaran Covid-19.'' Di luar Jawa dan Bali relatif lebih terkendali. Ini karena memang pelabuhan yang dibuka baru di Batam, sehingga dilokalisir di sana,'' tuturnya,(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar