Tekuk Tuan Rumah 1-0

Barcelona Menang Tipis

Pemain Barcelona

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Sang juara bertahan, Barcelona, di luar dugaan kesulitan menghadapi perlawanan dari tim promosi, Real Valladolid. Walaupun begitu, Skuat asuhan Ernesto Valverde tersebut tetap mampu menang meski hanya mencetak satu gol. Bertindak sebagai tuan rumah, Valladolid duluan mengancam gawang Barcelona. Menit kedelapan, Enes Unal, yang mendapatkan umpan dari Toni Villa, berhasil menerobos pertahanan Barcelona dan menembak ke arah sudut gawang, namun berhasil dihalau oleh Marc-Andre ter Stegen. Tak lama berselang, giliran Barcelona yang memberikan ancaman. Lionel Messi mengirimkan umpan manis kepada Jordi Alba yang melakukan overlap. Untungnya, arah operan berhasil dibelokkan oleh Jordi Masip. Pemain Valladolid kembali memaksa ter Stegen melakukan penyelamatan. Unal lagi-lagi menjadi aktor dibalik peluang dengan sundulan memanfaatkan umpan tendangan bebas. Wasit juga cukup jeli dan melihat Pique yang dilanggar terlebih dulu.

Kedua tim saling jual beli serangan, dan kini Barcelona yang memberi ancaman. Menit ke-32, Philippe Coutinho yang mendapatkan umpan dari Luis Suarez berhadapan satu lawan satu dengan Masip. Sang kiper berhasil menang dalam duel tersebut. Tiga menit berselang, Masip kembali membuat penyelamatan gemilang dengan menahan tembakan Coutinho. Tembakan mendatar yang dilepaskan oleh pemain asal Brasil tersebut berhasil ditepis dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Barcelona. Lionel Messi sempat mengancam gawang Masip dari tendangan bebas jelang berakhirnya pertandingan, yang hanya melewati mistar. Skor imbang 0-0 bertahan hingga jeda.

Valladolid langsung menebar ancaman saat babak kedua baru berjalan satu menit. Unal kembali menjadi biang peluang dengan tembakan melengkung mengarah ke sudut gawang. Tetapi tembakannya itu hanya melewati mistar gawang. Kedudukan akhirnya berubah! Pada menit ke-57, Sergi Roberto yang menerima umpan panjang dari Luis Suarez meneruskan bola ke Ousmane Dembele. Pemain muda tersebut dengan mudah menjebol gawang Valladolid. 1-0. Penampilan berani dari para pemain Valladolid yang terus berusaha mengejar ketertinggalan di sepanjang babak kedua. Sayangnya, pertahanan Blaugrana yang dikawal Gerard Pique dkk masih terlalu kokoh untuk ditembus.

Menit 77, Valladolid kembali mendapatkan peluang emas. Duje Cop yang masuk pada babak kedua mengirimkan umpan silang ke Keko di kotak penalti. Tetapi sundulan sang pemain masih dengan mudah ditangkap oleh ter Stegen. Tuan rumah masih belum menyerah untuk menyamakan kedudukan. Di menit ke-81, Menggunakan skema yang sama, Toni Villa mengirimkan umpan silang ke kotak penalti dan mengarah ke Kiko Olivas. Sundulan sang bek digagalkan oleh ter Stegen.

Suarez menjebol gawang Valladolid! Pemain asal Uruguay tersebut berhadapan satu lawan satu dengan kiper setelah menerima umpan terobosan dari Messi. Namun golnya dianulir lantaran dirinya lebih dulu terperangkap offside. Valladolid sukses mencetak gol! Di menit-menit akhir Fernando Calero yang berdiri bebas di kotak penalti mengirimkan umpan kepada Keko. Sang pemain tanpa pengawalan dengan menggunakan sundulan menjebol gawang ter Stegen yang nyaris tanpa celah di sepanjang laga. Gol tersebut mengundang protes dari para pemain Barcelona. Tayangan VAR menunjukkan bahwa Keko sudah berada di posisi offside dan membuat wasit memutuskan untuk menganulir gol. Keunggulan masih milik Barcelona. Kejadian tersebut menjadi penutup pertandingan antara Real Valladolid melawan Barcelona. Skor 1-0 untuk kemenangan Barcelona.(Net/Hen)

Susunan Pemain
Lionel Messi Saat Barcelona Menghadapi Real Valladolid © AFP
Susunan Pemain:

Real Valladolid (4-2-3-1): Jordi Masip; Javi Moyano, Kiko Olivas, Fernando Calero, Nacho; Borja Fernandez (Keko 64'), Ruben Alcaraz; Anuar Mohamed, Oscar Plano, Toni Villa (Daniele Verde 87'); Enes Unal (Daje Cop 70').

Pelatih: Sergio

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Philippe Coutinho (Malcom 84'); Ousmane Dembele (Arturo Vidal 76'), Luis Suarez (Munir El Haddadi 90'), Lionel Messi.

Pelatih: Ernesto Valverde


 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar