Harus Dijaga dengan Baik

Pj Walikota Pekanbaru Tanam Rumput di Lapangan Sepakbola Sport Center

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP, menanam rumput perdana di lapangan sepakbola Sport Center, Jalan Palembang, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Rabu (3/8/2022)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini , Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP, menanam rumput perdana di lapangan sepakbola Sport Center, Jalan Palembang, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Kulim, Rabu (3/8/2022). Dimana penanaman rumput ini sebagai tanda akan dibangunnya kawasan Sport Center.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian menjelaskan, bahwa rumput yang ditanam itu di media pasir dan  penanaman rumput itu bukan di tanah yang hitam.

"Rumput yang kami tanam ini jenisnya Zoysia matrella (lazim dikenal sebagai rumput Manila. Dan  rumput ini asli produk dalam negeri," sebut Zulfahmi. 

Dikatakan Zulfahmi, bahwa rumput ini merupakan standar FIFA, sehinga, lapangan sepakbola ini bisa menggelar pertandingan bertaraf Internasional.

"Kami juga sedang mengerjakan pagar di sekeliling stadion. Dan kami juga menyiapkan juga sistem irigasi dan penyiraman rumput secara otomatis," jelas Zulfahmi.

Sambung Zulfahmi, bahwa sistem penanaman rumput bisa dilakukan dengan tiga cara. Pertama melalui seeding begging (penyebaran biji rumput). Kedua, sistem penanaman stolon (menanam batang rumput). Dan yang ketiga, penanaman lembaran rumput yang sudah berkotak-kotak. Semua ditanam di media pasir.

"Di lapangan ini, kami menggunakan sistem stolon," terang Zulfahmi. 

Sementara itu, Pj Wali Kota Muflihun SSTP MAP, mengatakan bahwa rumput yang telah ditanam agar diawasi dan dijaga. Jangan hanya membangun dengan cepat, tetapi pemeliharaannya tidak ada.

"Kualitas rumput dijaga agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, setelah ditanam rumput harus dijaga dengan baik," ungkap Muflihun.

Usai memberikan arahan, Muflihun bersama jajarannya dan pimpinan instansi lain menanam rumput perdana di lapangan sepakbola Sport Center. Hadir dalam acara penamanam rumput itu  antara lain Sekdako Pekanbaru HM Jamil, para Asisten, Kepala Dinas serta pejabat lainnya. 

Ketua umum KONI Kota Pekanbaru  Muhammad Yasir SH menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Pekanbaru dan mendukung  pembangun Sport Center, apalagi jika selesai dibangun akan menjadi fasilitas untuk pengembangan atlet-atlet. Pihaknya mendorong Pemko agar pembangunan Sport Center ini segera terwujud.

“ Dengan dibangunnya kawasan Sport Center Tenayan ini lahannya lebih kurang 20 hektar dapat digunakan sebagai fasilitas olahraga bertaraf Nasional. Kami akan mendorong terus, karena ini bisa dimanfaatkan untuk mencetak atlet berprestasi,” harap Yasir .(Kim)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar