Melawan Petugas

Komplotan Pembobol ATM Lintas Provinsi Ditembak

Ilustrasi borgol

SUMLSEL--(KIBLATRIAU.COM)-- Subdit Jatanras Polda Sumatera Selatan menangkap tiga anggota komplotan pembobol mesin ATM lintas provinsi. Polisi masih memburu sejumlah pelaku lain yang masuk dalam jaringan ini.Para pelaku adalah IM (46), MY (32), dan AW (32), yang semuanya warga Tanggamus, Lampung. Mereka diamankan di sebuah penginapan di Ciputat, Jakarta Selatan, Jakarta.Lantaran melawan saat ditangkap, ketiga pelaku dilumpuhkan dengan timah panas. Setelah mendapatkan perawatan, mereka dibawa ke Mapolda Sumsel untuk pemeriksaan.


Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Agus Prihadinika mengungkapkan, kawanan ini biasa beraksi di Jakarta dan wilayah Sumsel. Sedikitnya 20 gerai ATM di dua provinsi itu menjadi sasarannya."Mereka ini menjadikan Jakarta dan Sumsel sebagai lokasi beraksi. Mereka termasuk komplotan lintas provinsi," ungkap Agus, Rabu (3/8).Setiap mesin ATM, mereka berhasil membawa kabur 25 lembar uang pecahan Rp100 ribu. Untuk wilayah Sumsel, semuanya dilakukan terhadap gerai ATM Bank Sumsel Babel karena lebih mudah dijebol.

Dalam aksinya, ketiga tersangka menggunakan alat dari besi yang sudah dimodifikasi. Mereka berbagi peran, ada yang mengamati lokasi dan mencongkel mesin ATM."Kami masih kembangkan untuk mengungkap pelaku-pelaku lain yang diduga masih ada," kata dia.Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara. Barang bukti disita beberapa alat yang digunakan dalam kejahatan itu.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar