Untuk Peningkatan Pelayanan SAUM 

Dishub Pekanbaru Sudah Ajukan Penambahan 20 Armada Bus TMP

Kendi Harahap

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Bila tak ada halangan, armada bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) diperkirakan akan bertambah dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru tengah mengajukan permintaan penambahan sebanyak 20 unit bus ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Penambahan armada ini merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan sarana angkutan umum massal (SAUM) di Kota Pekanbaru. Hal itu, mengingat saat ini terdapat sebanyak 84 bus baik ukuran besar maupun sedang yang dikelola Dishub untuk dioperasikan di 13 koridor yang ada. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Kota Pekanbaru Kendi Harahap MT saat dikonfirmasi Rabu (5/9) membenarkan jika pihaknay adan mengajukan penambahan bus TMP tersebut. Pengajuan itu dijelaskan Kendi, lantaran ada program dari kementerian melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Perhubungan Darat memberikan bantuan bus kepada beberapa kota/kabupaten di Indonesia. ''Memang ada program bantuan itu. Maka kami berupaya untuk mengajukannya. Dengan begitu, kita berupaya untuk mendapatkan penambahan bus TMP itu,'' ungkap Kendi. 

Dalam pengajuan itu, Kendi mengatakan pihaknya meminta tambahan sebanyak 20 unit bus ukuran sedang sebagai armada bus TMP. Dan rencana ini telah disampaikan kepada Wali Kota Pekanbaru dan sudah disetujui. ''ya kami sudah sampaikan ke pak Wali, suratnya telah ditandatangani beliau. Kemudian kami kirim ke Ditjen Perhubungan Darat,'' terang Kendi. 

Dijelaskan mantan Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru ini, dari jumlah bus yang diajukan belum diketahui apakah akan dipenuhi secara keseluruhan. Namun, pihaknya berharap, pemintaan tersebut dikabulkan. ''Cuma berapa unit yang kita dapat belum diketahui, apakah dipenuhi atau dapat setengah dari jumlah diajukan. Dan itu, semua tergantung mereka,'' ujar Kendi. Lanjut Kendi, apabila pengajuan dipenuhi nantinya, maka bus tersebut akan ditempatkan pada koridor-koridor yang armadanya dinilai masih kurang. Selain itu akan ditempatkan pada koridor baru 4E dengan rute Jalan Jendral Sudirman-Perkantoran Tenayan Raya. Karena sejauh ini hanya terdapat empat unit bus yang sudah dioperasikan. (Kur).
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar