Meningkatkan Penghasilan Tambahan 

Pengembangan Ekowisata di Wakatobi, Wujud Sinergi Jasa Raharja Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

Jasa Raharja dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dalam program pengembangan ekowisata di Desa Kulati, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

JAKARTA – (KIBLATRIAU.COM)--Jasa Raharja bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) mendukung pengembangan ekowisata di Desa Kulati, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. 

Kontribusi tersebut diberikan melalui sejumlah kegiatan, yaitu pemberdayaan ekonomi perempuan pesisir, pengelolaan sampah terintegrasi, dukungan keberlanjutan program ke dalam regulasi desa, dan pembuatan media publikasi pengelolaan sampah terpadu. 

Pengelolaan sampah terpadu di Desa Kulati sangat penting karena sepanjang pesisir pantai di Desa Kulati merupakan tempat berlabuh sampah plastik kiriman dari daerah bahkan negara tetangga mulai dari Lampung, Nusa Tenggara Barat, Maluku sampai Malaysia dan Vietnam.

Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang mengatakan  bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi Jasa Raharja melalui 
Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam mendukung  pengelolaan sumber daya hayati di Kabupaten Wakatobi. 

“Kami meyakini, jika kawasan konservasi dikelola dengan baik maka akan memberikan banyak manfaat, baik secara ekonomi maupun ekologi bagi masyarakat setempat. Mengingat terdapat beberapa peninggalan bersejarah sebagai daya tarik pariwisata antara lain Meriam peninggalan perang yang menghadap ke Pulau Binongko serta kapal karam hasil rampasan Jepang di masa perang yang dapat ditemui kira-kira 500 meter ke arah laut dari Pantai Huuntete,” ujarnya di Jakarta, Rabu (28/09/2022).

Munadi menyampaikan, program pertama yang dilakukan di Desa Kulati adalah 
pemberdayaan ekonomi perempuan lokal kepada kelompok Padatimu Toasoki dengan  mendukung pengembangan produk lokal, yaitu kerupuk ikan simba yang diluncurkan 
pada Oktober 2021. Upaya ini, kata dia, bertujuan untuk meningkatkan peran  perempuan pesisir sebagai pemeran aktif penjaga keberlanjutan sumber daya pesisir. 

“Selain itu, juga sebagai upaya untuk meningkatkan penghasilan tambahan melalui  pengolahan produk olahan berbasis laut, sehingga diharapkan berdampak pada 
percepatan pemulihan ekonomi nasional,” paparnya. 

Guna menjaga keberlanjutan program tersebut, pemerintah desa setempat telah  membuat Peraturan Desa (Perdes) Kulati Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Pemberdayaan 
Perempuan. “Hal ini menjadi indikator penting dimana keberlanjutan program  pemberdayaan perempuan, khususnya dalam hal peningkatan ekonomi perempuan, 
mendapatkan dukungan dari pemerintah Desa Kulati,” sebut Munadi. 

Untuk mengatasi persoalan sampah, Jasa Raharja juga menggandeng masyarakat  setempat untuk mengembangkan serangkaian kegiatan pengelolaan sampah terpadu,. Seperti pemilahan sampah, melakukan proses daur ulang sampah melalui pembuatan kompos, menerapkan proses pyrolisis, program bersih sampah, serta pendidikan lingkungan hidup. 

“Proses berikutnya, adalah uji coba menggunakan sampah plastik tertentu, yang sudah dipilah sesuai sesuai jenis plastiknya, untuk diolah menggunakan mesin pyrolysis sehingga menjadi bahan bakar minyak berupa solar,” ujar Munadi.

Komitmen masyarakat terhadap pengelolaan sampah dan pemanfaatan hasil laut telah  tertuang dalam Kesepakatan Konservasi Desa Kulati, dimana salah satu poinnya, yakni penggunaan alat tangkap ikan ramah lingkungan. 

Munadi berharap, rangkaian program tersebut, diharapkan bisa berdampak positif  terhadap kelestarian lingkungan dan peningkatan perekonomian masyarakat Wakatobi. 

Hal itu, sejalan dengan misi program TJSL Jasa Raharja untuk turut berkontribusi  terhadap permasalahan sosial dan lingkungan. “Kami tentu mengucapkan terima kasih kepada YKAN, pemerintah setempat, serta masyarakat Desa Kulati yang telah  mendukung pengelolaan sumber daya hayati secara berkelanjutan di Kabupaten  Wakatobi,” tutur Munadi.(Rls/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar