Jadikan Olahraga Sebagai Menu Utama

Menpora RI Resmi Buka Porwanas ke XIII di Malang

Mentri Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Malang, Jawa Timur 2022 di Universitas Negeri Malang  , Senin (21/11/2022).

Laporan Hendri Zainuddin

Malang


   MEWAKILI Presiden Jokowi Widodo, Mentri Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Malang, Jawa Timur 2022 di Universitas Negeri Malang  , Senin (21/11/2022).
Dimana dalam acara pembukaan itu turut dihadiri oleh Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Ketua PWI Pusat Atal Depari, Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa. Lalu ada, Tokoh Pers Dahlan Iskan, Ketua DPRD Jatik Kusnadi, Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Ketua PWI se-Indonesia, serta seluruh kontingen pada Porwanas XIII di Malang.

Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan lagu Mars Patriot Olahraga dan Mars PWI. Kemudian dilanjutkan dengan doa, penampilan tari massal oleh tuan rumah dengan judul "Journey of Nusantara".

Selanjutnya defile masing-masing kontingen yang dimulai dari Provinsi Aceh sesuai urutan huruf afjad, dan diakhiri dengan Provinsi Jawa Timur sebagai tuan rumah. Dalam pembukaan juga menghadirkan bintang tamu dari Ibukota, Cak Lontong dan Akbar.

Pada perhelatan Porwanas XIII tahun 2022 ini diikuti oleh 35 provinsi se-Indonesia, dengan total 2.200 atlet dan official. Mempertandingkan 10 cabang olahraga (cabor) dengan 29 nomor.

Ketua PWI Pusat Atal Depari mengaku sangat senang sekali melihat wartawan bertanding pada Porwanas ini. Dikatakannya, atlet yang ikut Porwanas ini adalah atlet yang sudah kompeten dan bersertifikasi."Sungguh luar biasa  pada Porwanas tahun ini. Porwanas adalah ajang yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wartawan. Karena pelaksanaan Porwanas ini sudak 6 tahun tidak diselenggarakan.

Saya berharap mereka memeragakan permainan yang sportif dan kebersamaan," ujar Atal  Depari dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, ada 35 provinsi yang akan bertanding. Provinsi di Indonesia yang seharusnya 34 namun diikuti oleh 35 provinsi. "Surakarta sebagai kota berdirinya pers dianggap setara dengan satu provinsi. Jadi ada kontingen Solo pada porwanas ini," jelasnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan, selamat datang di Jatim dan selamat bertanding. Ia berharap seluruh kontingen yang hadir di Malang dapat nyaman dan bahagia.

"Semoga nyaman tinggal di Malang. Kalaupun target juara umum tapi itu agak sulit, yang paling penting adalah bagaimana para kontingen masing-masing provinsi nyaman di Malang," ucap Emil.

Pada kesempatan ini, Menpora RI Zainudin Amali mengatakan bahwa Indonesia saat ini sudah mempunyai Design Besat Olahraga Nasional (DBON). Menurutnya, sejak Indonesia merdeka, baru sekarang ada DBON ini.

 

Dia berharap, pada tahun 2045, tepatnya seratus tahun Indonesia merdeka, Indonesia bisa berada di peringkat 10 besar dunia. Namun, kaya Zainudin, saat ini olahraga masih belum menjadi utama di Indonesia. 

"Kepedulian kita terhadap olahraga belum seperti sektor yang lain. Ibarat makanan, olahraga masih kita tempatkan sebagai menu pembuka dan penutup, kita belum bisa menempatkan sebagai menu utama," sebut Zainudin .

Padahal kata Amali, dengan olahraga ini, disamping membugarkan masyarakat Indonesia tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Oleh karena itu, dengan adanya porwanas ini dapat juga mensosialisasikan DBON ini ke seluruh Indonesia. Semoga untuk kedepannya dengan dibantu para jurnalis serta hubungan yang baik, maka apa yang kita harapkan dalam memajukan olaharga di Indonesia bisa tercapai," tutur Amali. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar