Empat Puluh Helm Pengendara Gojek Diamankan

Dishub Pekanbaru Lakukan Penertiban di Beberapa Titik Jalan

Kepala UPTD Parkir Octa Nuhaway SH saat melakukan penertiban Jumat (14/9)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Guna menindaklanjuti laporan dari masyarakat, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru langsung melakukan penertiban ke beberapa titik yang dianggap rawan biang kemacetan arus lalulintas, Jumat (14/9). Penertiban itu dipimpin langsung Kepala UPT Parkir Octa Nahuway SH didampingi belasan personil. Adapun lokasi yang menjadi prioritas Dinas Perhubungan yakni di Jalan Teuku Umar dekat Pasar Mambo, tepatnya di belakang Mall Pekanbaru. Waktu itu, petugas langsung melakukan penertiban agar parkir di daerah tersebut bisa tertata dengan rapi dan tidak sembraut.


''Ya kita lakukan penertiban di Jalan Teuku Umar. Pada waktu itu, kita berikan pengarahan dan masukan serta peringatan bagi jukir agar memarkirkan kendaraan supaya rapi dan tertib. Hal ini, kita lakukan agar akftifas dan kelancaran jalan tidak terganggu,'' ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Kendi Harahap MT saat dikonfirmasi wartawan melalui Kepala UPTD Parkir Octa Nahuway SH , Jumat (14/9).

Dijelaskan Octa, setelah melakukan penertiban di Psaar Mambo, pihaknya juga melakukan penertiban di trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan Star City. Pada penertiban itu, pihaknya sempat  engamankan empat puluh helm pengemudi gojek online yang sedang mangkal di jalan tersebut.''Waktu kita lakukan penertiban, kita melihat ada pengendara gojek online yang lagi berkumpul. Selanjutnya, kita langsung
mengamankan helm mereka dan kita bawa ke kantor,'' ungkap Octa.

Ditambahkan Octa, setelah dibawa ke kantor, maka pihaknya membuat surat pernyataan agar pengendara gojek tidak mengulangi perbuatannya,''Ya kita langsung buat surat peryataan dari pengendara gojek online. Dalam perjanjian, mereka berjanni tidak akan mengulanginya lagi. Setelah didata, maka helmnya kita kembalikan,'' sebut Octa. Octa menambahkan, setelah melakukan penertiban di depan Star City, lalu pihaknya melanjutkan penertiban di dekat Mall SKA, tepatnya dekat halte. Disana tidak ditemukan, ada kendaraan roda dua yang sedang parkir, karena lokasi tersebut lancar dan aman.''Saat kita lakukan penertiban dan patroli, ke Mall SKA, maka kita tidak menemukan adanya kemacetan di jalan tersebut. Arus lalulintas terlihat aman dan lancar,'' sebut Octa.


Terakhir, Octa juga menerangkan bahwa penertiban itu akan rutin dilakukan di beberapa titik jalan lainnya di Kota Pekanbaru.''Kita akan kerahkan personil di lapangan untuk melakukan penertiban. Hal ini kita lakukan, supaya keindahan Kota Pekanbaru akan tertata dengan rapi. Begitu juga, parkir tentunya akan semakin baik dan tidak sembraut lagi,'' ungkap Octa.

Pada kesempatan ini, Octa juga berharap dan menghimbau kepada jukir dan koordinatir agar selalu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.''Mintalah uang parkir dengan sopan dan santun. Dengan begitu, masyarakat akan merasa nyaman. Begitu, juga kita minta kepada pengendara roda dua gojek agar tidak memarkirkan kendaraannya di jalur yang dilarang, sehingga tidak terjadi kemacetan arus
lalulintas,'' harap Octa.(Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar