Laju Pertumbuhan Angkatan Kerja di Pekanbaru Tingg

Penganguran Disebabkan Berbagai Faktor

Johnny Sarikoen

PEKANBARU - (KIBLATRIAU. COM) -- Jumlah angka pengangguran di Kota Pekanbaru tahun 2017 lalu mencapai 45.716 orang.  Pengganguran terbuka di Kota Pekanbaru ternyata masih didominasi lulusan SMA. 

Sementara itu,  pengangguran terbuka lulusan SMA mencapai 11.329 orang atau 24 persen dari total angka pengangguran terbuka sebanyak 45.716 orang. 

Disusul lulusan SMK sebanyak 9.643 orang, kemudian SD sebanyak 8.890 orang, SMP 8.739 orang, S1 sebanyak 4.809 orang dan terakhir DI-III sebanyak 2.306 orang. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru Johnny Sarikoen MT melalui Kepala Bidang Penempatan Kerja, Disnaker Kota Pekanbaru, Abdul Rahim Kamis (20/9) mengungkapkan, tingginya angka pengangguran di Kota Pekanbaru disebabkan akibat beberapa faktor. Di antaranya pertumbuhan angkatan kerja yang tidak sebanding dengan pertumbuhan kesempatan kerja.

Kemudian, tidak semua lowongan dapat diisi oleh pencari kerja karena tidak memiliki keterampilan dan keahlian sesuai kebutuhan pengguna tenaga kerja.

"Penyebab lainya, pencari kerja tidak siap memasuki pasar kerja karena tidak mengetahui potensi diri dan informasi pasar kerja. Selain itu, pencari kerja juga tidak siap bekerja di luar Kota Pekanbaru," ungkap Abdul.  (Sy)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar