Jangan ada Temuan di OPD yang Bersangkutan

BPKAD Pekanbaru Diminta Tetapkan KIB 17 Mobil Dinas

Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Pekanbaru Alek Kurniawan Msi foto bersama dengan pengurus Fortaru , Jumat (21/9/2018)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam rangka menertibkan pendataan aset, Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kota Pekanbaru berharap dan meminta kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menetapkan Kartu Inventaris Barang (KIB) 17 mobil dinas anggota dewan yang sudah diserahkan ke Pemerintah Kota Pekanbaru. Pasalnya, meski belasan mobil dinas wakil rakyat itu sudah diserahkan dan kini dipinjampakaikan oleh pejabat di lingkungan Pemko. Namun KIB sebagai dasar pengajuan anggaran bahan bakar minyak (BBM) masih tercatat di bagian Setwan.

'' Kita Kan kasihan yang makainya, karena biaya operasional mobil tersebut di kita. Sedangkan yang makai OPD (Organisasi Perangkat Daerah),'' sebut Plt Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Pekanbaru Alek Kurniawan Msi, Jumat (21/9/2018) siang saat acara silaturahmi dengan pengurus Fortaru. Dijelaskan Alek, oleh sebab itu ia berharap kepada Pemerintah Kota dalam hal ini BPKAD menetapkan KIB pengguna mobil dinas tersebut. Penerbitan KIB, terang Alek, juga guna memastikan tak ada penyalahgunaan anggaran untuk biaya operasional belasan mobil dinas itu di tiap OPD yang meminjam pakai.

''Sebab bagaimana bisa dianggarkan biaya BBM nya, sedangkan KIB nya di kita. Ini saya sampaikan karena saya sayang sama kawan-kawan (pejabat) yang saat ini meminjam pakai. Jangan pula sampai ada temuan akibat OPD bersangkutan mengalokasikan anggaran untuk operasional mobil dinas tersebut,'' terang Alek.

Alek menambahkan, penetapan KIB belasan mobil dinas itu juga diperlukan untuk penertiban aset Pemko Pekanbaru. "Karena fisiknya tidak ada sama kami lagi,''  tutup mantan Plt Kepala BPKAD Pekanbaru ini. Berdasarkan informasi yang didapat, kini belasan mobil dinas wakil rakyat itu ada yang dipinjampakai oleh pejabat di Dinas Perhubungan, DPM-PTSP, Dinas Kominfo, Inspektorat, Pemadam Kebakaran, kecamatan, dan sejumlah organisasi non pemerintah. (Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar