Memiliki Penyelengaraan Kesejahteraan yang Lebih

PSM Tangkerang Labuai Wakili Riau ke Tingkat Nasional

Dinas Sosial Kota Pekanbaru bersama Kementrian Sosial Republik Indonesia diwakili Dirjen Pemberdayaan Sosial Koriyah, Akademisi Litsus masalah Sosial DR Nurul Eka Hayati didampingi Kasi Kelembagaan dan pilar-pilar Kessos Dinsos propinsi serta dewan juri

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Dinas Sosial Kota Pekanbaru bersama Kementrian Sosial Republik Indonesia diwakili Dirjen Pemberdayaan Sosial Koriyah, Akademisi  Litsus masalah Sosial DR Nurul Eka Hayati didampingi Kasi Kelembagaan dan pilar-pilar Kessos Dinsos propinsi serta dewan juri dari Dinsos Propinsi Riau turun ke lapangan dalam rangka penilaian Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) / Pilar-pilar Kesejahteraan Sosial Tingkat Nasional di Kelurahan Tengkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya. Hal itu disampaikan Kepala Dinsos dan Pemakaman Kota Pekanbaru, Chairani M.Si, Kamis (27/09/2018) lalu.

Dijelaskan Chairani, adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada pilar sosial yang memiliki prestasi dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial guna meningkatkan kinerja serta kualitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Selain itu, dalam penilaian ini akan diambil pemenang Peringkat I, II dan III.

Chairani menerangkan, penilaian terhadap Pilar-pilar Sosial dilakukan oleh juri yang punya kualifikasi di bidangnya, mulai dari Akademisi dan Praktisi. Ini memakai instrumen sekaligus mengcroscek bahan profile yang disajikan pada saat pemaparan di Jakarta kemarin dengan  kondisi di lapangan. ''Mereka akan melakukan penilaian melalui Panduan Teknis Penilaian. Panduan tersebut sebagai acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksana penilaian dan pemberi penghargaan,'' ujar Chairani. Adapun kriteria penilaian, lanjut Chairani, setiap Pilar-pilar Sosial memiliki kriteria yang berbeda, namun kriteria yang sama di antara Pilar-pilar Sosial itu adalah kriteria dari aspek Kelembagaan Administrasi. ''Nah, kebetulan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru terpilih untuk wakili Propinsi Riau ke Tingkat Nasional,'' sebut Chairani.

Ditambahkan Chairani, diutusnya PSM Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya karena  punya nilai lebih dari yang lain, koordinasi yang cukup intens baik dengan camat, lurah,  RT RW , Tomas dan lain-lainnya sangat bagus.

" Ini dibuktikan dengan aktif di berbagai kegiatan. Seperti Ketua UPPKS, Ketua Koperasi, Aktif di bank sampah DLHK untuk  Labuai, Anggota Jumantik Dinkes, PPKBD Disdalduk, Anggota PKK, BKMT. Selain itu, aktif melatih penyandang Disabilitas di Dinsos kota, terlibat aktif masalah sosial dengan bekerjasama yakni Babinkamtibmas / Babinsa, aktif program Bukitraya Peduli, Jum'at barokah Polresta, Basecamp Daur Ulang Sampah dan banyak lainnya,'' tutup Chairani. (Kim)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar