Sejahterakan Petani,  Gandeng, PT Buana Orbit Sejahtera, 

Penanaman Perdana Sawit Bencah Kesuma di Rohul Dimulai

Penjab Utsus Kementerian Pertanian RI Dr Ir Hardianto MSc, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, Perkebunan Riau Ferri HC, Kepala Dinas Perkebunan Rohul Herdianto, Asisten II Sekdakab Rohul M Ruslan MSi, dan Camat Tandun foto bersama kemarin.

ROKANHULU--(KIBLATRIAU. COM) -- Pelaksanaan  penanaman perdana Program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit di Desa Bencah Kesuma, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  resmi dilakukan, Rabu (14/11/2018).

Hadir dalam kegiatan penanaman perdana Program Sawit Rakyat ini Penjab Utsus Kementerian Pertanian RI Dr Ir Hardianto MSc, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura, Perkebunan Riau Ferri HC, Kepala Dinas Perkebunan Rohul Herdianto, Asisten II Sekdakab Rohul M Ruslan MSi, dan Camat Tandun.

Pada peremajaan kebun kepala sawit yang sudah tua milik masyarakat yang tergabung dalam KUD Bangkit Usaha Makmur, dihadiri juga ribuan masyarakat. 

Selain itu tampak juga Kepala Desa Bencah Kesuma Ruslan, dan Manajemen PT Buana Orbit Sejahtera yang ditunjuk masyarakat sebagai pelaksana replanting ini.

Penjab Utsus Kementerian Pertanian RI Dr Ir Hardianto MSc mengatakan,  kegiatan peremajaan sawit rakyat ini ditanggung pemerintah.Pemerintah juga menanggung bibit dan benih untuk palawija jagung sebagai tanaman tumpang sari.

"Program ini merupakan langkah pemerintah pusat untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Pak Presiden berharap dan menekankan bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian sawit kedepannya," jelas dia.

Namun begitu, Hardianto mengingatkan bahwa tanaman juga seperti mahluk hidup lainnya yang memerlukan pemeliharaan dan perawatan. Ia pun yakin, jika dipelihara dengan baik maka produktivitas sawit bisa meningkat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan, Ferru HC menambahkan, kebun kelapa sawit rakyat yang dikerjakan kali ini bisa memproduksi hingga 30 ton per hektare dalam satu tahun. Untuk itu, dia berpesan agar bibit yang sudah diberikan harus dirawat dan dipelihara. 

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul, Herdianto menyebutkan, pelaksanaan program penanaman perdana Program Sawit Rakyat di Desa Bencah Kesuma ini menggandeng PT Buana Orbit Sejahtera. 

“Kalau swasta bisa menghasilkan lebih dari 30 ton per hektare ton per hektare. Petani pekebun juga harus bisa di Rohul ini. Apalagi didampingi PT BOS yang memiliki kerja profesional dan sudah berpengalaman,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Desa Bencah Kesuma, Ruslan mengucapkan rasa terimakasih kepada pemerintah yang sudah memberikan bantuan bagi petani sawit untuk melaksanakan kegiatan penanaman sawit baru ini.

"Terimakasih buat pemerintah dan PT Buana Orbit Sejahtera yang sudah bersama petani di Desa Bencah Kesuma saat ini bekerjasama melakukan replanting. Harapan kita ini bisa terus berjalan dengan baik. Dan menghasilkan buah sawit yang banyak dan berkualitas,"pungkasnya.

Usai kegiatan penanaman perdana seluruh tamu undangan yang hadir diajak melihat kegiatan replanting yang dilakukan PT  tersebut. (Rls/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar