Polda Riau Gelar Simulasi 

Tingkatkan Kemampuan Pengawalan dan Pengamanan Pemilu 2019

Pihak Polda Riau saat melakukan simulasi pengamanan pemilu 2019 kemarin

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengamanan pada Pemilu 2019 mendatang, Polda Riau menggelar simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kegiatan ini digelar di halaman Kantor Gubernur Riau, Kamis (22/11/2018). Simulasi yang diperagakan oleh warga, tokoh masyarakat, pemuda juga Ketua RW/RT, PPS, PANWAS Kel, FKPM, LPM, UEK-SP, Kelurahan Tangkerang Tengah Kecamatan Marpoyan Damai.  Pada simulasi oleh Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru ini juga disaksikan langsung oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Moechgiyarto, beserta jajarannya.

Selain itu, disimulasikan juga pengamanan terhadap kegiatan kampanye yang dilakukan salah satu Capres Pemilu 2019. Di mana disimulasikan terjadi keributan oleh oknum masyarakat.  Merespon tindakan tersebut, Pam TPS segera berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas mengamankan keributan tersebut. Bersama dengan perangkat kelurahan dan juga Babinsa langsung mengambil tindakan tegas mengamankan pembuat keributan. Sementara pada simulasi pengawalan Capres Pemilu 2019, pengamanan Polda Riau membentuk iring-iringan untuk mengamankan rombongan Capres. Mulai dari vorijder, mobil Patwal, pertahanan dalam, hingga ambulan ikut dalam rombongan tersebut.

 Menanggapi kegiatan tersebut, Kabaharkam Polri Komjen Pol Moechgiyarto sangat mengapresiasi upaya Polda Riau untuk mengamankan Pemilu 2019 di Riau. ''Peragaan pengamanan ini harus dibuat berkesinambungan agar polisi bisa menyikapi ancaman keamanan dengan baik," ujar Moechgiyarto . Moechgiyarto  juga menyatakan bahwa aturan Pemilu juga harus dipahami oleh polisi. Sehingga dengan makin berkembangnya dinamika masyarakat, inovasi pengamanan bisa dilakukan. ''Polisi harus paham juga aturan Pemilu. Sehingga bisa menyikapinya, misalnya penggunaan handphone di TPS. Ini perlu diperhatikan. Hal ini supaya tidak terjadi peluang kecurangan di TPS," tutup Moechgi.(Kim).


Berita Lainnya...

Tulis Komentar