Kunjungi Pemko Pekanbaru, Bahas Berbagai Peluang I

Pemerintah Qing Dhao Berminat Tanam Investasi di Kawasan Industri Tenayan Raya

Ahmad ST MT

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU. COM) -- Rombongan dari pemerintah  Qing Dao mengunjungi Pekanbaru Selasa (27/1). Kedatangan mereka ke Kota Pekanbaru dalam rangkaian kunjungan balasan. 

Setelah tiba di Kota Pekanbaru pemerintah Qing Dao  berminat menanamkan investasinya di kawasan Industri Tenayan Raya, Pekanbaru. Qing Dao sendiri adalah salah satu kota terbesar yang berada di Provinsi Shandong, letaknya di pesisir timur daratan Tiongkok.

Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pekanbaru Ahmad  kepada wartawan,  Rabu (28/11/2018). 

Ahmad mengatakan,  hal tersebut diketahui saat rombongan dari Pemko Qing Dao dan beberapa pengusaha dari negeri tirai Bambu tersebut datang ke Pekanbaru. 

"Tentu kita sangat menyambut baik kedatangan Pemko Qing Dao Shandong China dan beberapa pengusaha dari negeri tirai Bambu ini ke Pekanbaru. Mereka datang Selasa (27/11/2018) kemarin dan kita jemput langsung ke Bandara SSK II dan kita sambut dengan tarian daerah. Dan kita bawa mereka ke Command Center kantor Diskominfo Pekanbaru," terang Ahmad, Rabu (28/11/2018). 

Dijelaskan Ahmad, di Command Center, Pemko Pekanbaru memberikan gambaran investasi yang ada di Pekanbaru. Mulai dari Kawasan Industri Tenayan, kemudian terkait PDAM yang saat ini sedang proses Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) serta ditawarkan juga Danau Khayangan yang bisa dikembangkan sebagai wisata.

"Alhamdulillah mereka menyambut baik. Dan nampaknya mereka sangat tertarik untuk melihat kawasan Industri Tenayan. Pasalnya mereka kemarin itu sudah dibawa langsung ke Kawasan Industri Tenayan dan ternyata pagi tadi rombongan yang khsusus investor dari Qing Dao ingin melihat lagi kawasan industri tersebut. Karena mereka ingin melihat dan meninjau lebih detail terkait kawasan industri tersebut," ungkap Ahmad. 

Ditambahkan Ahmad,  kedepan pihaknya masih akan terus berkomunikasi dan terus memantau apa perkembangan selanjutnya. 

"Kita masih belum tau kita yang ke Qing Dao lagi atau mereka yang kesini lagi untuk kelanjutannya. Karena tentunya setelah ada kunjungan ini mereka akan melakukan analisis. Kalau mereka tertarik pasti akan diperdalam lagi,"  ujar Ahmad. 

Lebih jauh diterangkan Ahmad ,  selain berdiskusi tentang investasi yang ada di Pekanbaru, Pemko Pekanbaru dan Pemko Qing Dao Shandong China melakukan tandatangan sister city atau kota kembar. 

"Tadi malam saat gala dinner kita melakukan tandatangan perjanjian sister city untuk kota persahabatan. 

 Intinya itu masih sekedar payung saja, belum dibahas detailnya seperti apa kelanjutannya,," tutur Ahmad.  (Un/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar