Awal Tahun 2019 

843 Hektar Lahan Terbakar di Riau

kebakaran hutan

RIAU--(KIBLATRIAU.COM)-- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sejak awal 2019 hingga hari ini kebakaran melanda hutan kawasan Riau mencapai 843 hektar. Ada tujuh wilayah hutan dilalap si jago merah. Wilayah itu meliputi Kabupaten Rokan Hilir 117 hektar, Dumai 43,5 hektar dan Bengkalis 627 hektar. Kemudian Kepulauan Meranti 20,2 hektar, Siak 5 hektar, Kampar 14 hektar, dan Kota Pekanbaru 16 hektar. "Kebakaran lahan telah menyebabkan beberapa daerah terkepung asap, meskipun intensitas, sebaran dan durasi tidak lama," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/2). BNPB mencatat Indek Standar Pencamaran Udara (ISPU) di tujuh wilayah dilanda kebakaran hutan itu hingga saat ini sedang hingga baik. Upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran lahan hingga kini masih terus dilakukan otoritas terkait macam Manggala Agni KLHK, TNI, Polri, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Masyarakat Peduli Api, karyawan perusahaan perkebunan, aparat kecamatan, kelurahan dan masyarakat.

"Satgas udara mengerahkan 3 helikopter yaitu satu helikopter Bell-412 perkuatan KLHK, dan dua helicopter Superpuma bantuan dari Sinarmas. BNPB sedang menyiapkan tambahan dukungan helicopter water bombing untuk memperkuat satgas udara," ujar Sutopo. Sutopo menambahkan, satgas darat saat ini terus berusaha memadamkan dan mendinginkan titik-titik kebakaran lahan. BPBD Bengkalis bersama Damkar, TNI, Polri, Manggala Agni, RPK PT. SRL, MPA, perangkat desa dan masyarakat melakukan pemadaman lanjutan di Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.

"Pada hari kesepuluh masih melakukan pendinginan, di beberapa titik Desa Teluk Lecah dan Desa Sri Tanjung. Pemadaman juga dilakukan di Desa Darul Aman Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Pemadaman dilakukan sore semalam hingga larut malam," kata dia. Pemadaman juga dilakukan di kebakaran lahan gambut seluas 165 hektar, lahan milik masyarakat berupa semak belukar di Kelurahan Telkur Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Riau. Pemadaman dilakukan oleh Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, karyawan perusahaan dan aparat kecamatan.

"Begitu juga di lahan gambut seluas 18 hektar dengan vegetasi semak belukar di Kelurahn Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai," kata dia. Kondisi diperkirakan makin kering sehingga potensi kebakaran meningkat. Tim satgas terpadu juga terus meningkatkan sosialisasi, penegakan hukum dan patrol agar kebakaran lahan dapat dicegah.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar