Catatkan Kemenangan Lebih banyak dari Real Madrid

Barcelona 'Penguasa' Baru El Clasico Setelah 87 Tahun di Negeri Espana

Lionel Messi

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)--Terakhir kali Barcelona unggul head-to-head atas Real Madrid adalah pada tahun 1932 silam. Setelah 87 tahun, Barcelona akhirnya berhasil mencatatkan jumlah kemenangan El Clasico lebih banyak daripada sang rival. Barcelona menang 1-0 lewat gol tunggal Ivan Rakitic di markas Madrid pada jornada 26 La Liga 2018/19, Ahad (03/3). Kemenangan itu tak cuma mengukuhkan posisi Barcelona di pucuk klasemen sementara, tapi ada satu makna spesial lainnya. Kemenangan tersebut adalah kemenangan ke-96 atas Madrid di semua kompetisi. Mereka kini membukukan satu kemenangan lebih banyak daripada Madrid.

Barcelona sekarang resmi menjadi 'penguasa' baru dalam duel penuh gengsi bertajuk El Clasico ini. Lionel Messi, yang merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah El Clasico, memiliki peranan yang begitu besar di baliknya. Messi sudah mencetak 26 gol dalam 41 penampilan melawan Madrid dan membantu Barcelona meraih 19 kemenangan atas Los Blancos sejak El Clasico pertamanya pada 19 November 2005.

Tengah pekan kemarin, Barcelona mengalahkan Madrid di Bernabeu 3-0 dan memastikan diri lolos ke final Copa del Rey dengan agregat 4-1. Kemenangan itu membawa Barcelona sejajar dengan Madrid untuk head-to-head di El Clasico, masing-masing 95 kemenangan. Dilansir AS, sebelum ini, terakhir kali Madrid dan Barcelona memiliki head-to-head seimbang adalah pada tahun 1932 atau 87 tahun silam. Secara historis, Madrid lebih dominan. Namun sejak sekitar dua dekade terakhir, Barcelona mampu memangkas jarak dengan rivalnya.

Sebelum 2003, Barcelona hanya meraih 13 kemenangan dalam 74 El Clasico yang dimainkan di Bernabeu. Sejak 2004, mereka memenangi 13 dari 25 duel di Bernabeu. Dari 13 kemenangan tersebut, 11 di antaranya diraih Barcelona selama satu dekade terakhir. Itu termasuk kemenangan tak terlupakan dengan skor 6-2 pada 2009, juga 4-0 pada 2015, dan 3-0 musim lalu. El Clasico terbaru ini adalah El Clasico ke-242 sepanjang sejarah. Dalam 241 pertemuan sebelumnya, Madrid dan Barcelona sama-sama meraih 95 kemenangan, sedangkan 51 duel lainnya berkesudahan imbang. Namun gol tunggal Rakitic di Bernabeu tadi sukses membawa Barcelona meraih kemenangan El Clasico mereka yang ke-96. Barcelona sekarang boleh membanggakan diri di hadapan rival abadinya.Mereka kini adalah 'penguasa' baru duel klasik di Negeri Espana.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar