Ingin Pelajari Program Koperasi Syariah Masjid Par

DPRD Inhil Kunjungi Diskop UMKM Pekanbaru

Plt Kepala Diskop UMKM, Idrus foto bersama dengan rombongan DRPD Inhil Rabu (24/4/2019)

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)--- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang dalam hal ini Komisi II melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Diskop UMKM, Rabu (24/4/2019). 

Kedatangan rombongan dari Komisi II ini tertarik dengan program Koperasi Syariah yang dijalankan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kota Pekanbaru. Selain itu,  dalam rangka menjalin tali silaturahmi. 

Sebagaimana diketahui, pertemuan antara Ketua Komisi II beserta rombongan berlangsung di aula Diskop UMKM. Dalam pertemuan itu, Plt Kepala Diskop UMKM, Idrus, memaparkan apa saja yang ada di Koperasi Syariah.

"Mereka sangat tertarik dengan program Koperasi Syariah yang kita bentuk di Masjid Paripurna. Selain itu, kita sampaikan untuk tingkat kota membawahi Unit Usaha Otonom (UUO). 

Jadi 12 Masjid Paripurna di tingkat kecamatan, 83 Masjid Paripurna di tingkat kelurahan. Salah satu usaha di Koperasi Syariah itu adalah toko," papar Idrus.

Dijelaskan Idrus "Koperasi Syariah itu kedepannya ada 96 toko. Dan tentunya bisa dibayangkan akan menghasilkan banyak keuntungan. Kita sampaikan, kalau ini berhasil, maka tak salah walikota menyampaikan, dengan adanya usaha ekonomi di Masjid Paripurna, maka satu saat masjid yang nantinya akan menghidupkan jamaah," sambung Idrus.

Dijelaskan Idrus, adapun alasan yang disampaikan saat pertemuan dengan Komisi II, masjid dapat membantu jamaah, yakni dari keuntungan yang diperoleh dari Koperasi Syariah.

"Bila sudah ada keuntungan usaha toko, masjid bisa menghidupkan diri sendiri, seperti biaya listrik, biaya kebersihan, mubaligh, dan bahkan untuk membantu jamaah ekononi menengah ke bawah melalui ekonomi syariah, yakni Koperasi Syariah yang kita bentuk. 

Sehingga mendengar itu mereka tertarik. Selama ini yang namanya koperasi itu berdiri sendiri tanpa ada induk. Sementara Koperasi Syariah ada induk dan cabangnya," terang  mantan Kabag Kesra Setdako Pekanbaru ini dengan raut wajah tersenyum.

Usai berdiskusi  dan bertukar pikiran,   rombongan DPRD Inhil lalu foto bersama dan saling bersalam-salaman. Dan terakhir saling memberikan cindera mata. (Fr/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar