Menciptakan dan Meningkatkan Daya Saing Daerah 

12 Karya Kreativitas dan Inovasi Akan Dinilai

Dino Prima perwakilan dari Diskominfo Pekanbaru saat nenyampaikan pemaparan dalam acara lomba kretifitas , Kamis (2-5-2019).

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Sebanyak 12 karya inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari 10 OPD se-Pekanbaru akan dipresentasikan di hadapan Tim Penilai, Kamis (2/5/2019).  Sebelumnya sebanyak 28 karya Krenova masyarakat telah dinilai, terdiri dari 12 karya individu, 16 karya kelompok masyarakat.  Ada 10 OPD yang ambil bagian pada ajang Krenova tahun 2019 ini yaitu Dinas Pendidikan, Disbudpar, RSD Madani, Dispora Dinas Pertanahan Damkar, Diskominfo, BPKAD, Dinas Ketahanan Pangan dan Dishub.
 
Penilaian Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) tahun 2019 khusus OPD se-Kota Pekanbaru ini dinilai oleh tujuh juri, terdiri dari Anjar Prasetyo sebagai Ketua Tim Juri yang sehari-hari adalah pejabat dari Balitbang Kota Magelang, Bekti Putri Harwijayanti dari Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai Sekretaris. Sementara anggota tim penilai adalah Asrori dan Hotnier Sipahutar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  Evy Rossi dari Fakultas Pertanian Universitas Riau,  Tengku Harunur Rasyid dari Balitbang Provinsi Riau dan Zulmansyah Sekedang dari PWI Riau. 
 
Lomba Krenova ini adalah salah satu program prioritas ditaja Balitbang Kota Pekanbaru. ''Lomba ini perdana kita lakukan. Dan kita bersyukur masyarakat sangat antusias mengikuti lomba," ungkap Drs H Yusrizal selaku Kepala Balitbang Kota Pekanbaru.  Yusrizal menyebutkan meskipun minim peserta dari OPD, jumlah karya inovasi tahun 2019 ini yang terjaring secara administrasi cukup banyak. "Sebanyak 68 karya, dan setelah seleksi administrasi hanya 40 karya yang lolos untuk maju ke tahap berikutnya. Terdiri dari 28 karya inovasi masyarakat dan 12 karya inovasi OPD,'' papar Yusrizal. Kabid Inovasi dan Pengembangan Teknologi Darmalina SSos didampingi Kasubid Inovasi dan Pengembangan Teknologi Balitbang Pekanbaru, Yudi Adrian MP menjelaskan, lomba Krenova 2019 ini diharapkan mampu menumbuh-kembangkan jiwa inovasi pada masyarakat, termasuk pengusaha, mahasiswa, pemuda, serta Pemerintah Daerah. 

Sementara itu, diharapkan lomba ini untuk menciptakan dan meningkatkan daya saing daerah yang pada akhirnya akan membantu mewujudkan Kota Pekanbaru Smart City Madani. Hal ini sesuai dengan Visi Kota Pekanbaru.  "Hari ini dimulai penjurian dan penilaian Krenova OPD oleh tujuh orang penilai. Oleh sebab itu, kita berharap ke-12 hasil karya inovator dari OPD se-Pekanbaru ini nantinya dapat bermanfaat luas bagi masyarakat, sekaligus juga dapat meningkatkan pelayanan publik dan tatakelola pemerintahan,'' tutur Yudi Adrian. (Lx/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar