Biasakan Masyarakat untuk Hidup Bersih

Kelurahan Tobek Godang Wakili Pekanbaru Ikuti Lomba PHBS ke Tingkat Provinsi

Yasir Lurah Tobek Godang

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)-- Jika tak ada halangan,  Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan akan mewakili Pemerintah Kota Pekanbaru dalam Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ke Tingkat Provinsi Riau. Nantinya, Kelurahan ini akan bersaing dengan kelurahan dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Riau.

Lurah Tobek Godang Yasir mengungkapkan lomba ini merupakan sarana bagi masyarakat untuk pola hidup bersih dan sehat. "Namun, yang paling penting adalah budaya masyarakat yang selalu membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat," sebut  Yasir.

Tak hanya perilaku saja, kata Yasir peran kerja sama dari masyarakat juga diperlukan. Karena tanpa keikutsertaan dari masyarakat maka PHBS tidak akan terlaksana.

"Karena dalam penilaian lomba PHBS ini ada 10 indikator yang di nilai. Diantaranya persalinan ditolong tenaga kesehatan, memberi bayi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk. Selain itu, menkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok didalam rumah,"papar Yasir.

Untuk pengumuman sendiri,  terang Yasir, akan diumumkan usai lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah. "Jika kami menang tentunya kami akan melaju tingkat nasional. Dan banyak yang kami akan persiapkan untuk lomba ini," tutup Yasir. (Ty/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar