Implementasi Data dan Informasi Secara Terkoneksi 

Sekdako Pimpin Rapat dengan Kepala OPD di Command Center

Sekdako Pekanbaru M Noer MBS saat memimpin rapat di Comamnd Center

 

PEKANBARU–- Demi membahas hasil kajian dari tim yang membuat master plan Pekanbaru Smart City, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar acara sosialisasi  dan mengumpulkan seluruh kepala OPD di  lingkungan Pemko, Rabu (14/3).  Acara  itu berlangsung di ruangan Pekanbaru Command Center kantor Diskominfo Pekanbaru.

Kegiatan tersebut dipimpin  langsung Sekretaris Kota Pekanbaru HM Noer MBS, Ia juga mengharapkan pencapaian Pekanbaru Smart City dapat terkoneksi langsung dengan  seluruh OPD yang ada di Kota Pekanbaru.

''Kita mengumpulkan seluruh OPD disini untuk mensinkronkan informasi yang berkaitan dengan data Pekanbaru Command Center. Sehingga kedepan akan  terkoneksi langsung dengan masing-masing OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru," sebut M Noer.

M Noer mengatakan, bahwa implementasi data dan informasi pembangunan di Kota Pekanbaru dapat dilakukan melalui Pekanbaru Command Center yang 
merupakan layanan publik Pemerintah Kota dengan menggabungkan satu dashboard yang terpusat menjadi satu sistem untuk mengatur, mengawasi serta untuk
menganalisa permasalahan di Kota Pekanbaru secara langsung. dan cepat. Dikatakan M Noer, Pekanbaru Command Center juga diharapkan mampu menjembatani seluruh OPD di Pemko Pekanbaru untuk mendukung pelaksanaan berbagai tugas khususnya di bidang pemerintahan dalam melayani masyarakat.

''Saat ini ada yang sudah terkoneksi, baik dari OPD maupun ke kecamatan.  Kita berkumpul ini sekalian mengkoreksi OPD mana yang belum menginput data
dan segera kita lakukan. Sebab fungsi Pekanbaru Command Center  akan menampilkan informasi terkini mengenai data dan informasi Pekanbaru. Pemanfaatan teknologi informasi akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta profesionalisme dan pola kerja,'' ujar M Noer.

Ditambahkan M Noer, Pekanbaru Command Center akan menjadi sebuah keperluan di masa kini,dan untuk  beberapa tahun yang akan datang. Command Center memiliki ruangan pusat visualisasi dan integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall. 

"Salah satunya nanti sebagai monitoring room. Tetapi tak hanya itu, command center juga dapat membantu memastikan setiap keputusan penting, respon dan aksi
yang diambil adalah seakurat mungkin sesuai data yang ada. Maka untuk itu, Pekanbaru Command center ini sangat penting bagi kantor untuk mempercepat Smart City salah satunya dengan menghubungkan Pekanbaru Comand Center sebagai pusat yang terintegrasi  untuk saling berkoordinasi dengan masing-masing OPD,"  tutup M Noer. (Hn)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar