Saksikan Atraksi Tradisi Budaya Perahu Baganduang

Ribuan Masyarakat Lubuk Jambi Tumpah Ruah di Tepian Muko Lobua, Kecamatan Kuantan Mudik

Bupati Kabupaten Kuansing Drs Mursini saat meniki Perahu Baganduang di tepian depan lobua , dslam acara atraksi budsya Perahu Baganduang, Sabtu (8/6/2019)

Laporan Hendri Zainuddin

Lubuk Jambi

   RIBUAN masyarakat di Kenegerian Lubuk Jambi,  Kecamatan Kuantan  Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) tumpah ruah memadati tepian Muko Lobua ,  Desa Banjar Padang , Kecamatan Kuantan  Mudik,  Sabtu (8/6/2019) menyaksikan atraksi budaya tahunan  Perahu Baganduang 2019. Atraksi Perahu Baganduang ini setiap tahun dilakukan bersamaan dengan hari raya Idul Fitri yang keempat.

Pantauan wartawan di lapangan,  terdengar bunyi letusan mercon dan petasan silih berganti menghiasi suasana atraksi budaya Perahu Baganduang tahun 2019. Begitu juga,  di sepanjang tepian Bandar Padang dan tepian Seberang Pantai terlihat kerumunan masyarakat asik menyaksikan atraksi Perahu Bagandung. 

 Mereka seakan menjadi saksi  hidup pelaksanaan Perahu Baganduang itu.  Pemandangan lain juga terlihat,  bukan hanya masyarakat yang hadir,  namun pada pelaksanaan atraksi Perahu Baganduang itu juga banyak pedagang yang menjual barang dagangannya beraneka makanan dan minuman tersaji. Seperti mercon atau petasan,   serta berbagai kuliner dan makanan siap saji. 

Pada kesempatan itu,  Bupati Kabupaten Kuansing Drs H Mursini  ikut bersama rombongan menaiki Perahu Baganduang. Kala itu,  orang nomor satu di Kabupaten Kuansing itu bersama rombongan . Sekitar pukul 15. .05 WIB Bupati Kuansing bersama rombongan Forkofimda tiba di tepian jembatan atau tempat pelataran atraksi Perahu Baganduang. Lalu Bupati disambut oleh tim yang penyambut tamu. 

Selanjutnya Bupati Mursini diarak menuju ke pelataran atau  panggung yang di dalamnya telah menanti para datuk penghulu,  kepala dusun,  kepala desa camat,  IKKM Pekanbaru  kepala OPD di lingkungan Pemkab Kuansing serta tamu undangan lainnya. Setelah disambut ,  kemudian Bupati Mursini duduk berselo dengan tamu yang hadir. 


Ketua Ikatan Keluarga Kuantan Mudik (IKKM) Pekanbaru Muklis dalam sambutannya mengatakan bahwa,  ia sangat senang dan bangga atas terlaksananya kegiatan atraksi tradisi budaya  Perahu Baganduang ini. Sebab ,  yang telah ikut melaksanakan acara ini yakni pemuda -pemudi yang ada di kenegerian Lubuk Jambi,  Kuantan Mudik ini. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan atraksi tradisi budaya Perahu Baganduang ini. Terlebih lagi,  yang melakukannya yakni para pemuda dan pemudi, sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan sukses, " ujar Muklis.

Dijelaskan Muklis,  pelaksanaan atraksi tradisi budaya Perahu Baganduang ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Selai itu, banyak  makna yang terkandung di balik kegiatan atraksi budaya Perahu Baganduang tersebut. "Ini merupakan tradisi turun temurun yang sudah lama. Sebab,  setiap simbol yang ada di Perahu Baganduang itu mempunyai nilai-nilai dan makna tersendiri. Maka dari itu,  diharapkan kepada masyarakat ,  terutama generasi muda melestarikan dan bisa mengerti makna yang tersirat dalam pelaksanaan atraksi budaya Perahu Baganduang ini, sehingga bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, " harap Muklis.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Mursini menjelaskan,  bahwa atraksi budaya Perahu Baganduang ini setiap tahun dilaksanakan,  sehingga sudah masuk menjadi agenda Pariwisata Kabupaten Kabupaten Kuansing. Selain itu,  dikatakan Mursini,  sejarah atraksi budaya Perahu Baganduang ini sudah ada sejak dua abad yang lalu. Sebab,  dalam atraksi Perahu Baganduang ini memiliki simbol-simbol yang terkandung di dalamnya,  seperti ada religius,  ekonomj,  sosial , budaya serta yang lainnya."Makanya kami atas nama pribadi dan Pemkab Kuansing sangat mendukung kegiatan atraksi budaya Perahu Baganduang ini.  Oleh sebab itu,  marilah kita bersama-sama untuk melestarikan dan mengembangkan budaya yang sudah lama ini dilakukan. Dengan begitu , maka budaya seperti ini bisa menjadi tradisi yang setiap tahunnya terus dilaksanakan, " sebut Mursini.

Diterangkan  Mursini,  diharapkan dengan adanya kegiatan atraksi budaya Perahu Baganduang di kenegerian Lubuk Jambi ini tentu memberikan nilai positif,  sehingga pertumbuhan ekonomi akan semakin baik . 

"Dengan acara atraksi Perahu Baganduang ini akan banyak masyarakat yang datang ke negerian Lubuk Jambi ini.  Seiring dengan itu,  tentu perekonomian semakin baik pula. Sebab, banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan atraksi budaya Perahu Baganduang ini. Namun,  yang paling diharapkan kepada masyarakat agar memahami makna dan simbol yang terkandung dalam kegiatan atraksi Perahu Baganduang ini, " terang Mursini.

Ditambahkan Mursini,  pada kesempatan ini ia mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

"Atas nama pribadi dan Pemkab Kuansing saya mengucapkan hari raya Idul Fitri.Mohon maaf lahir dan bathin.  Semoga amal ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT, " harap Mursini. ****

 

 

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar