Gubri  Tinjau Kesiapan Pelabuhan  Dumai

Pembukaan rute Dumai-Malaka masuk dalam Tahap Pembahasan Final

Gubri Drs Syamsuar saat melakukan peninjauan ke pelabuhan Dumai kemarin.

DUMAI--(KIBLATRIAU.COM)-- Rencananya, pelabuhan Kota Dumai akan membuka dan melayani penyeberangan Roro Dumai-Melaka (Malaysia). Menyikapi hal itu, Pemerintah Provinsi Riau akan membangun sejumlah sarana dan prasana penunjang pelabuhan tersebut.

Demikian disampaikan Gubernur Riau, Dra H Syamsuar usai meninjau kesiapan pelabuhan Dumai bersama sejumlah pejabat terkait, Selasa (18/6/2019) kemarin.

Dijelaskan Syamsuar, persiapan pembukaan rute penyeberangan Dumai-Malaka saat ini sudah masuk dalam tahap pembahasan final.

Kemudian, direncananya pembahasan lanjutan akan dilaksanakan di Pekanbaru dalam waktu dekat ini. Di mana sebelumnya, perwakilan Pemprov Riau sudah membahas hal serupa di Malaysia.

“Pelabuhan ini yang kita rencana untuk penyeberangan Dumai-Malaka, maka kami akan gesa pembangunan infrastruktur pendukungnya, agar bisa segera dimanfaatkan. Karena insfrastruktur yang ada saat ini dinilai masih belum mencukupi,” ujar Syamsuar.

Dari hasil peninjauan tersebut, lanjut Syamuar, beberapa hal yang perlu ditambah yakni dermaga untuk bersandar Roro yang saat ini masih kecil dan perlu ditambah.

Karena nanti Roro dari Malaka akan berukuran lebih besar daripada Roro yang selama ini kerap bersandar di pelabuhan Dumai.

“Ke depannya jika rute ini sudah dibuka, maka Roronya akan lebih besar. Karena selain memuat orang, Roro juga akan memuat barang-barang dan kendaraan yang lebih besar lagi,” sebut Syamsuar.

Selain dermaga, lokasi parkir yang ada saat ini di pelabuhan Dumai tersebut juga cukup kecil, sehingga nantinya dikhawatirkan tidak bisa menampung kendaraan yang parkir jika rute tersebut sudah dibuka. Termasuk akses jalan ke pelabuhan yang saat ini banyak rusak, juga akan diperbaiki.

“Dalam waktu dekat ini, saya juga akan ke Bangkok, Thailand. Dimana disana akan ada pertemuan antara pemerintah Malaysia, Indonesia dan Thailand yang akan dihadiri oleh Presiden juga. Salah satu yang dibahas nantinya juga mengenai Roro ini mungkin,” pungkas Syamsuar. (Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar