9 Diantaranya Anggota Polri

104 Capim KPK Akan Ikuti Tes Psikologi

Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)--  Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) menggelar tes psikologi untuk 104 kandidat, Ahad (28/7). Tes akan digelar di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara Cilandak Jakarta Selatan, pukul 08.00 WIB. 'Iya, ditunggu para peserta 104 orang untuk tes psikologi. Registrasi jam 07.00 WIB," ucap Ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih saat dihubungi, Sabtu (27/7).Yenti menyatakan, tes tersebut wajib diikuti oleh para capim KPK yang sebelumnya lolos tahap uji kompetensi. Para pendaftar yang lolos diminta agar membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan hadir 30 menit sebelum pelaksanaan tes dimulai. Dia menegaskan, para peserta yang tak mengikuti tes psikologi akan dinyatakan gugur. "Keputusan panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi masa jabatan tahun 2019-2023 tidak dapat diganggu gugat," tegasnya.

Sebelumnya, dari 104 peserta yang dinyatakan lolos uji kompetensi, 9 di antaranya adalah anggota Polri, 3 orang pensiunan Polri, 7 hakim, 2 mantan hakim, 4 jaksa, serta 2 pensiunan jaksa. Sementara itu, ada pula dari unsur KPK sebanyak 14 orang, dosen 19 orang, advokat 11 orang, hingga auditor 4 orang. Adapun tiga komisioner KPK periode 2015-2019 yang lolos tahap uji kompetensi yaitu, Alexander Marawata, Basaria Panjaitan, dan Laode M Syarief. Selain ketiga pimpinan KPK, ada juga sejumlah nama internal KPK yang lolos uji kompetensi. Mereka adalah Plt Sekretaris Jenderal KPK Pahala Nainggolan, Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari, hingga Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) Komisi Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Suprapdiono. Jenderal polri aktif yang lolos capim KPK antara lain, Wakabareskrim Irjen Antam Novambar, Staf Ahli Kapolri Irjen Ike Edwin, Brigjen Bambang Sri Herwanto dari Sespim Lemdiklat Polri, serta Kepala Biro Penyuluhan Hukum Mabes Polri Brigjen Agung Makbul.

Selain itu, Irjen Dharma Pangrekun, perwira tinggi Bareskrim Polri di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Brigjen M Iswandi Hari yang ditugaskan di Kemenakertrans, dan Irjen Juansih yang kini menjabat Analisis Kebijakan Polri Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Wakil Kapolda Kalimantan Barat Brigjen SriHandayani, dan Kapolda Sumsel Irjen Firli Bahuri. Sementara itu, capim KPK dari Purnawirawan Polri yang lolos dalam seleksi tahap ini adalah, mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar, eks Kapolda Papua Irjen Pol (Purn) Yotje Mende, dan Mantan Staf Ahli Kapolri, dan Irjen Pol (Purn) Yovianes Mahar.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar