Antisipasi Gizi Buruk 

Diskes Pekanbaru Imbau Orangtua Rutin Periksa Gizi Balita ke Posyandu

Drs Amin Msi

PEKANBARU-- (KIBLATRIAU.COM)--- Saat ini,  Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengimbau sekaligus mengajak orangtua untuk rutin memeriksa kesehatan dan gizi anak umur di bawah lima tahun (balita) ke Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru Drs Muhammad Amin mengatakan,  bahwa pemeriksaan kesehatan dan gizi balita ke Posyandu sangat penting guna memastikan gizi anak tercukupi, sehingga bisa meminimalisir adanya anak yang menderita gizi buruk.

"Jika rutin memeriksa kesehatan balita ke Posyandu, maka gizi anak dapat terpantau secara berkala," terang  Amin, Rabu (31/7/2019) menanggapi adanya seorang balita di Kecamatan Payung Sekaki yang diduga menderita gizi buruk.

Dijelaskan Amin, masih adanya anak yang menderita gizi buruk di Pekanbaru bukan karena kekurangan asupan makanan. Akan tetapi lebih diakibatkan kurangnya perhatian orangtua untuk memeriksa kesehatan dan gizi anak ke Posyandu.

"Kadang karena orangtua sibuk bekerja, kesehatan anak tidak terpantau. Oleh sebab itu periksalah kesehatan dan gizi anak secara rutin ke Posyandu,"  harap Amin.

Untuk balita di Kecamatan Payung Sekaki yang diduga menderita gizi buruk, disampaikan Amin sudah dikunjungi pihaknya dan merujuk anak tersebut ke RSUD Arifin Ahmad guna mendapat perawatan medis.

"Penyebab kenapa menderita gizi buruk, itu belum bisa kita simpulkan karena masih dalam penanganan dokter. Informasi yang kita terima, anak tersebut sebelumnya baik-baik saja, lahirnya normal dengan berat badan 2,5 kilo dan memang tidak minum ASI dan dibantu dengan susu formula," harap Amin. (Dl/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar