Kualifikasi Piala Dunia 2022

Rusuh di SUGBK Usai Timnas Indonesia Dipermalukan Malaysia

Suporter Timnas Indonesia ricuh saat laga melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019).




Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Usai Timnas Indonesia kalah 2-3 ketika menjamu Malaysia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran kedua zona Asia, Kamis (5/9/2019), kerusuhan sempat terjadi di Ring 1 Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Kejadian bermula ketika suporter Timnas Indonesia berkumpul di depan pintu VIP dan VVIP SUGBK. Mereka bernyanyi sambil menggedor-gedor kaca. Saat sebagian dari mereka berupaya merangsek masuk, petugas keamanan yang berasal dari dalam mencoba mengadang. Kerusuhan pun tak terhindarkan.

Petugas keamanan yang terdiri dari kepolisian dan TNI mencoba mendorong mundur suporter Timnas Indonesia. Setelah terlibat friksi beberapa lama, kericuhan mereda. Dari pantauan Bola.com, kejadian tersebut hampir berlangsung selama 15 menit. Suporter Timnas Indonesia yang terdorong mundur ke Ring 2 SUGBK, melemparkan benda-benda ke arah petugas kepolisian.

Hingga pukul 22.10 WIB, para suporter Timnas Indonesia masih bertahan di Ring 2 SUGBK. Jarak mereka dengan petugas keamanan hanya dipisahkan pagar panjang setinggi 3 meter. Situasi mulai kondusif tatkala petugas keamanan yang lain membantu mencairkan keadaan. Para suporter Timnas Indonesia perlahan mulai meninggalkan Ring 2 SUGBK.

Timnas Indonesia kalah dari Malaysia dengan skor 2-3 pada laga Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Malaysia mencetak dua gol pada babak kedua dan membalikkan kedudukan setelah tertinggal 1-2 pada babak pertama.

Pada awal babak kedua, Timnas Indonesia mendapat peluang melalui usaha Stefano Lilipaly, ia mengelabui pemain bertahan Malaysia. Namun, bola hasil tendangannya masih menyamping dari gawang Malaysia.

Harimau Malaya berupaya lepas dari tekanan Indonesia. Pada menit ke-58, Malaysia berusaha menekan pertahanan Timnas Indonesia. Namun, usaha mereka tak menghasilkan gol.

Malaysia mendapat peluang pada menit ke-59, tetapi sepakan Safawi Rasid masih melambung di atas gawang Indonesia. Peluang tersebut hanya menghasilkan tendangan gawang Indonesia. Malaysia terus menekan pertahanan Indonesia. Pada menit ke-61, Syafiq Ahmad mendapat peluang untuk membobol gawang Indonesia. Tetapi, bola hasil tendangannya masih dapat dihalau pemain bertahan Indonesia dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Usaha Malaysia untuk menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-66. Berawal dari sepak pojok, Malaysia menghasilkan kemelut di depan gawang Indonesia. Bola sempat keluar kotak pertahanan Indonesia, namun disambut oleh Safawi Rasid. Ia melepaskan umpan silang yang disambut tandukan Syafiq Ahmad dan membuat kedudukan menjadi seimbang.

Pertandingan sempat terhenti selama hampir 10 menit karena insiden yang terjadi di stadion. Ketika permainan dilanjutkan, Indonesia mendapat peluang lewat usaha Evan Dimas, tetapi bola dapat diamankan kiper Malaysia.

Jelang laga berakhir, Malaysia mendapat peluang untuk membalikkan kedudukan. Namun, peluang tersebut terbuang setelah bola menyamping dari gawang Andritany

Pada menit akhir pertandingan, Sumareh mencetak gol keduanya pada laga tersebut setelah memaksimalkan umpan silang mendatar dari Matthew Davies. Gol tersebut memastikan kekalahan Timnas Indonesia dengan skor 2-3 dari Malaysia.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar