Ada Tiga Aspek Penting Bagi Wisudawan

Sejak Tahun 1962 Universitas Riau Lahirkan 103.657 Alumni

Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA mengukuhkan wisudawan periode Oktober 2019. Pada periode ini Unri mewisuda 2.879 orang, Rabu (9/10/2019) lalu.

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Sejak tahun 1962 hingga sekarang, Universitas Riau (Unri) telah menghasilkan 103.657 orang lulusan. Jumlah tersebut bukan sekadar angka semata, namun sudah merupakan representasi capaian Unri membentuk karakter anak bangsa sejak didirikan. Demikian disampaikan Rektor Unri Prof Dr Ir H Aras Mulyadi DEA di hadapan 2.879 wisudawan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unri, Rabu (9/10). Ia juga menyebutkan bahwa bertepatan dengan Milad Unri ke-57 pada 1 Oktober 2019 ada beberapa capaian universitas dalam rangka melaksanakan tridarma perguruan tinggi.

Pertama kinerja pendidikan dan pengajaran. Secara kelembagaan Unri sudah terakreditasi A. Begitu juga dengan 94 prodi yang dimiliki. Sebanyak 33 prodi terakreditasi A. Kemudian 54 prodi terakreditasi B, dua prodi terakreditasi C dan lima prodi belum terakreditasi. Unri memiliki 1.021 dosen tetap dengan besaran 65 persen S3, dan 35 persen S2. Persentase ini menunjukan Unri memiliki SDM pengajar yang bermutu untuk menghasilkan lulusan berkualitas.

Kedua, kinerja penelitian. Dalam triwulan III tahun 2019, kemajuan di bidang penelitian dinilai sangat signifikan. Tahun ini, Unri memiliki 145 publikasi internasional, 146 kekayaan intelektual yang terdaftar, 12 prototipe penelitian dan pengembangan serta 10.096 sitasi karya ilmiah. Terkait hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kinerja penelitian, Unri memberikan sejumlah penghargaan kepada fakultas dan dosen yang telah berkontribusi.

Ketiga, kinerja pengabdian. Saat ini patut diapresiasi bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Unri telah memperoleh sertifikat sistem manajemen ISO 9001. Keempat, kinerja kemahasiswaan. Pada tahun ini, Unri berada pada peringkat ke-20 dalam peningkatan kinerja kemahasiswaan. Posisi ini berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.Kelima, kinerja keuangan dan tata kelola. Tiga tahun berturut-turut Unri memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP). WTP adalah opini audit yang diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi baik. Keenam, prestasi alumni. Unri hingga saat ini tidak terlepas dari peran alumni yang saat ini telah berkiprah di berbagai bidang.

Selanjutnya rektor menyampaikan pesan kepada wisudawan. Ada tiga aspek penting yang harus dipegang teguh oleh wisudawan. Pertama, keingintahuan. Sifat keingintahuan sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Kedua, inisiatif. Inisiatif adalah kemampuan untuk memutuskan dan melakukan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu. Ketiga, empati. Empati termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah dan bisa melihat sesuatu dari perspektif orang lain.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar